Berita

    Featured Image

    Tilang Elektronik : Pengertian , Jenis Pelanggaran, dan Sistem Pembayarannya

    Bagi Anda pengguna kendaraan bermotor kini harus lebih tertib lagi dalam berkendara. Pasalnya di beberapa daerah di Indonesia sudah mulai diberlakukan sistem tilang elektronik. Uji cobanya sendiri sudah mulai dilakukan sejak tahun 2018 silam.

    E-Tilang atau E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) sendiri merupakan pengembangan dari sistem tilang yang menggunakan CCTV sebagai media pengawasnya. Sehingga polisi yang bertugas di jalanan mulai dikurangi jumlahnya.

    Dengan bantuan CCTV, petugas dapat memantau dari monitoring room kendaraan mana saja yang sudah melanggar aturan lalu lintas. Kemudian petugas akan mencatat juga merekam plat nomor kendaraan tersebut dan mengirimkan surat tilang elektronik kepada pemiliknya. 

    Karena data dari plat nomor kendaraan dapat tersinkronisasi dengan data pribadi pemilik kendaraan, dengan begitu surat tilang dapat dikirimkan langsung ke alamat yang bersangkutan. Di dalamnya sudah tercantum sejumlah denda yang harus dibayar oleh pemilik kendaraan.

    Apa Saja Jenis Pelanggaran Tilang Elektronik yang Berlaku Saat Ini?

    • Melanggar marka jalan dan rambu-rambu lalu lintas

    Rambu lalu lintas yang sering dilanggar misalnya dilarang berhenti, dilarang belok kiri, dilarang putar balik, dan dilarang parkir. Tapi sebetulnya masih banyak lagi rambu-rambu lalu lintas yang harus dipatuhi.

    • Tidak menggunakan sabuk pengaman

    Bagi pengendara maupun penumpang mobil sudah seharusnya menggunakan sabuk pengaman setiap kali berkendara. Namun masih banyak juga orang yang tidak memperdulikannya. 

    • Menggunakan telepon saat berkendara

    Menggunakan telepon akan mengurangi fokus saat berkendara, hal tersebut membahayakan pemilik kendaraan juga pengemudi lainnya.

    • Melebihi batas kecepatan

    Terdapat batas kecepatan yang diterapkan pada setiap ruas jalan raya. Hal tersebut tidak boleh dilanggar terkait dengan keselamatan banyak orang.

    • Penggunaan plat nomor palsu

    Penggunaan plat nomor palsu seperti plat nomor suatu instansi negara tidak diperbolehkan. Terkait dengan penyalahgunaan yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat.

    • Tidak menaati lampu lalu lintas

    Pelanggaran satu ini sangat sering terjadi dimana-mana. Pelanggaran lampu lalu lintas akan membahayakan nyawa seseorang atau bahkan banyak orang.

    • Melawan arus lalu lintas