Berita

    Mengenal Cara Kerja Crossover Audio dan Jenisnya

    Fitur entertainment merupakan salah satu fitur wajib pada sebuah mobil. Di dalam fitur tersebut, terdapat sebuah komponen bernama crossover audio yang berfungsi untuk mengoptimalkan kualitas audio pada sebuah mobil.

    Komponen ini juga memiliki fungsi utama sebagai alat untuk mengoptimalkan kualitas suara speaker. Selain itu juga terdapat beberapa jenis dari crossover audio yang akan kami bahas di sini. Jadi silahkan simak artikel ini hingga selesai.

    Apa Saja Fungsi Crossover Audio?

    Pertama-tama, mari kita bahas terlebih dahulu apa saja fungsinya-fungsinya. Seperti yang kami singgung di atas, fungsi yang paling utama yaitu mengoptimalkan kualitas audio pada mobil.

    Komponen ini mampu memaksimalkan suara yang dikeluarkan oleh sistem audio. Kualitas suara yang dihasilkan juga akan terdengar lebih kencang dan lebih jernih.  

    Fungsi crossover audio lain dari komponen tersebut yaitu untuk mengatur pembagian frekuensi pada masing-masing speaker mobil. Mobil yang tidak memiliki komponen crossover untuk audio, maka suara yang dihasilkan akan terganggu.

    Cara Kerja Crossover untuk Audio Mobil

    Ada beberapa tahapan yang menjadi cara kerja dari komponen tersebut. Berikut bagaimana cara kerjanya.

    • Membagi frekuensi suara, di antaranya pada tweeter dan midbass. Contohnya untuk speaker 2-way pada mobil.
    • Komponen crossover akan memotong frekuensi tweeter pada 4 Khz dan memotong frekuensi pada midbass pada 2,5 Khz – 3,5 Khz.

    Di sisi lain, untuk kendaraan tipe AutoFamily yang masih menggunakan satu speaker, maka crossover ini tidak diperlukan. Pasalnya, mobil dengan satu speaker tidak memerlukan pembagian frekuensi.

    Jenis Crossover Audio Mobil

    Saat ini, crossover untuk audio mobil terbagi ke dalam dua jenis. Yang pertama yaitu jenis aktif dan kedua yaitu jenis yang pasif. Masing-masing jenis crossover ini memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda-beda.

    Untuk mengenal lebih dekat terkait jenis-jenis crossover, berikut sudah kami rangkum tipe dan penjelasannya masing-masing:

    1.  Jenis Crossover Aktif

    Fungsi crossover yang pertama ini sangat penting pada sebuah mobil yang memiliki dua speaker. Fungsinya yaitu untuk membagi frekuensi saat sinyal suara dari perangkat audio diperkuat oleh power amplifier.