Berita

    Simak Dampak Jika Parkir Mobil di Tempat Panas

    Banyak orang yang masih tidak peduli perkara memarkir mobil. Salah satunya dengan parkir mobil di tempat panas. Padahal perilaku ini tidak baik dilakukan. 

    Ya, memarkir mobil di ruangan terbuka yang terpapar sinar matahari langsung, memunculkan beberapa dampak. Bahkan bisa memicu kebakaran mobil karena beberapa hal. Seram juga ya!

    Begini Jadinya Jika Parkir Mobil di Tempat Panas

    Beberapa dampak memarkirkan mobil di tempat terik adalah sebagai berikut:

            1. Cat Mobil Pudar

    Apabila Anda terbiasa memarkir mobil di ruang terik dengan jangka waktu lama, maka siap-siap mengeluarkan biaya perawatan ekstra. Sebab cat mobil bakal kusam juga pudar apabila terus terkena sinar matahari langsung.

    Apalagi pada bagian yang langsung menghadap ke langit seperti atap dan kap mobil. Pada bagian ini, warna mobil terlihat lebih kusam. Ini khusus untuk mobil yang berwarna selain putih.

    Sementara untuk mobil berwarna putih, biasanya warna akan terlihat menguning. Jadi warna mobil putih Anda tidak kinclong bukan karena kotoran saja, melainkan terlalu lama “berjemur” di terik matahari langsung.

            2. Karet Mobil Mudah Rusak

    Selain warna cat, karet juga sangat terpengaruh apabila mobil sering diletakkan pada tempat terik. Panas matahari akan membuat karet pada bagian mobil jadi mengeras. Akibatnya karet tersebut akan pecah jika dibiarkan.

    Beberapa komponen yang terbuat dari karet seperti wiper, atau karet pada sela kaca mobil. Jika karet wiper keras, maka kaca mobil bisa mudah baret karena goresan yang kasar. 

    Untuk itu apabila Anda terpaksa harus memarkir mobil pada tempat yang terik, usahakan wiper dalam kondisi tegak. Supaya karet tidak mengeras dan menggores kaca. 

            3. AC Bekerja Keras

    Dampak parkir mobil di tempat panas berikutnya yakni mampu membuat AC mobil bekerja lebih keras. Sebab saat Anda masuk ke mobil, maka kabin terasa sangat panas. Saat itulah AC mobil dihidupkan. 

    Nah, untuk mendinginkan ruang mobil, kinerja AC jadi berat karena suhu yang sangat panas. Hal ini lah yang tidak baik untuk masa pakai AC mobil.

    Maka dari itu, saat Anda akan berkendara setelah memarkir mobil di tempat terik, sebaiknya buka kaca terlebih dahulu. Ketika suhu sudah tak terlalu panas, baru hidupkan AC.

            4. Jok Mudah Rusak