Berita

    Featured Image

    Memahami Bagaimana Usia Mempengaruhi Cara Mengemudi

    Ada banyak hal yang berpengaruh terhadap keamanan dan kelancaran dalam mengemudi. Salah satunya adalah usia mengemudi dan hal ini sebaiknya diperhatikan oleh para pengguna mobil. 

    Ternyata usia seseorang bisa memberi pengaruh besar terhadap cara mereka dalam mengemudikan mobil. Mari cari tahu seperti apa pengaruh yang diberikan dan berapa sebenarnya usia ideal untuk mengemudi. 

    Bagaimana Usia Mengemudi Berpengaruh

    Mengemudikan mobil merupakan sebuah keterampilan yang bisa dimiliki oleh semua orang. Namun perlu diketahui bahwa setiap orang bisa memiliki kemampuan dan kebiasaan mengemudi yang berbeda. 

    Salah satu faktor yang berpengaruh pada kemampuan mengemudi seseorang adalah usia. Usia yang berbeda akan membuat pengemudi memiliki kebiasaan yang berbeda pula saat mengendarai mobil mereka. 

    Orang yang berusia 17 tahun hingga 30-an berpotensi bisa mengemudi dengan cukup baik. Mereka memiliki kondisi fisik yang kuat dan masih bisa melihat jalan dengan jelas. Kemampuan konsentrasinya dilihat dari segi usia juga masih sangat bagus. 

    Lalu untuk kelompok pengemudi dengan usia 40-60-an memiliki kemampuan mengemudi yang mungkin sedikit menurun dibandingkan kelompok usia sebelumnya. Hal ini terjadi karena usia sudah bertambah dan kemampuan konsentrasi menurun. 

    Selain itu kelompok usia yang sudah matang juga biasanya lebih sulit melihat kondisi jalan. Apalagi jika harus berkendara di malam hari ketika pencahayaan sudah sangat minim. 

    Namun kelompok usia yang matang biasanya lebih berhati-hait dan memilih gaya berkendara konservatif. Lain halnya dengan pengemudi yang masih muda. Mereka biasanya sering terpancing emosi saat berkendara. 

    Hal yang Mempengaruhi Kemampuan Mengemudi

    Usia memang bisa memberi pengaruh besar terhadap kemampuan mengemudi seseorang. Namun bisa jadi gaya mengemudi yang dimiliki tetap berbeda meskipun berada di kelompok usia yang sama. 

    Berikut ini ada 3 hal penting yang berpengaruh terhadap kemampuan seseorang dalam mengemudi. 

    • Kemampuan Fisik

    Pertama adalah kemampuan fisik dimana orang-orang dengan usia 17 tahun sampai 30-an dinilai memiliki kondisi terbaik. Mereka masih muda dan punya kondisi fisik yang masih sangat bagus. 

    Kemampuan fisik yang baik saat mengemudi tentunya sangat dibutuhkan. Hal ini membuat pengemudi jadi lebih siap mengendalikan kendaraan dan bisa mengemudi dengan lancar di jalanan. 

    • Kondisi Mental

    Selanjutnya kondisi mental juga memberi pengaruh yang sama besar. Kondisi mental yang stabil umumnya dimiliki oleh kelompok pengemudi di usia matang. Usia 30 tahun ke atas biasanya dinilai memiliki kondisi mental yang lebih stabil. 

    Lain halnya dengan anak muda yang masih belasan atau 20-an tahun. Mereka biasanya memiliki kondisi mental yang kurang stabil sehingga risiko menghadapi situasi yang berbahaya saat berkendara lebih tinggi. 

    • Pengalaman Mengemudi

    Tentu saja pengalaman mengemudi juga sangat penting dan memberi pengaruh yang besar. Dalam hal ini usia sebenarnya tidak terlalu berpengaruh karena bisa saja ada pengemudi muda yang sudah lama belajar berkendara dan punya banyak pengalaman. 

    Begitu juga dengan mereka yang sudah berada di usia matang. Bisa saja pengalaman mengemudi yang dimiliki masih sedikit karena baru mulai belajar berkendara dan tidak terlalu sering turun ke jalan. 

    Usia memang bisa memberi pengaruh dalam kemampuan juga gaya mengemudi. Namun bagaimanapun juga tetap ada banyak faktor lain yang berpengaruh. Selama sudah memenuhi syarat dan mendapatkan SIM maka semua pengemudi harus mengendarai mobil dengan hati-hati.