Berita

    Featured Image

    Cat Mobil Kusam, Gunakan Tips Ini supaya Kinclong Lagi

    Cat mobil kusam dapat membuat kendaraan kesayangan terlihat kumuh meskipun usianya baru beberapa tahun. Terkadang pekerjaan mencuci dan wax yang terbaik pun tidak dapat membuat cat yang kusam kembali bersinar. 

    Namun, apa sebenarnya yang menjadi penyebab cat mobil mudah sekali berubah menjadi kusam? Apa karena terlalu sering dipakai sehingga banyak terpapar sinar matahari yang merusak catnya? Atau ada penyebab lain? 

    Mari simak ulasannya untuk mengetahui lebih lanjut. 

    Penyebab Cat Mobil Mulai Kusam

    Penyebab utama kerusakan cat adalah radiasi UV dari matahari, dan itu lebih berbahaya dalam rentang waktu yang lebih singkat daripada yang mungkin Anda pikirkan. 

    Setiap kali Anda meninggalkan mobil terparkir di bawah terik matahari, cat mobil akan mengalami reaksi kimia yang merugikan. Paparan kotoran dan polutan lingkungan lainnya juga menyebabkan masalah pada cat kendaraan. 

    Seiring waktu, cat pada mobil akan memudar tanpa perawatan yang tepat. Akhirnya, ia mencapai tahap kerusakan lanjutan yang dikenal sebagai oksidasi. Saat itulah bercak putih jelek muncul, membuat mobil terlihat seperti terkena wabah. 

    Salah satu langkah awal yang bisa dilakukan untuk pencegahan, ialah menggunakan penutup mobil ketika parkir di area luar di bawah terik matahari. 

    Ada pula beberapa orang yang menggunakan penutup mobil ketika mereka memarkir kendaraan di dalam ruangan untuk menjaga mobil debu yang bisa masuk ke berbagai komponen internal dan menyebabkan keausan dini. 

    Selain itu, Anda pun harus rutin mencuci mobil untuk membersihkan kontaminan yang dapat merusak cat dan menyebabkan cat mobil kusam. 

    Namun, bagaimana jika cat mobil sudah mulai memudar? Bagaimana caranya menjadikan cat mobil kusam jadi kinclong lagi? Inilah tipsnya. 

    Tips Perawatan agar Cat Mobil yang Kusam Mulai Kinclong

    Langkah #1 Cuci Mobil

    Cuci mobil dengan sabun khusus dan bilas dengan air dingin untuk menghilangkan semua kotoran di permukaan. Keringkan mobil dengan kain chamois atau biarkan mengering sendiri. Parkirkan mobil di tempat teduh agar permukaan yang dicat dingin sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

    Langkah #2 Buang Kontaminan di Permukaan

    Setelah Anda mencuci mobil, gunakan kantong plastik sandwich dan masukkan tangan ke dalamnya, lalu usapkan ke seluruh permukaan mobil. 

    Kantong plastik meningkatkan sensitivitas tangan sehingga memungkinkan Anda untuk merasakan kontaminan kecil yang mungkin tidak dapat dideteksi sebelumnya sewaktu mencuci. 

    Langkah #3 Perbaiki Cat Mobil