Berita

    Kenali Ciri-ciri Plat Mobil Palsu Hingga Dendanya

    Sesuai namanya, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau biasa disebut sebagai plat nomor berfungsi sebagai petunjuk sekaligus identitas dari suatu kendaraan bermotor. Lalu apa yang terjadi jika suatu kendaraan menggunakan plat mobil palsu?

    Sesuai Undang-Undang terkait registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor, maka TNKB atau plat mobil yang tidak dikeluarkan oleh Korlantas Polri adalah palsu, dinyatakan tidak sah, dan statusnya tidak berlaku.

    Oleh karena itu, wajib bagi setiap pemilik kendaraan untuk memasang nomor TNKB asli sebagai plat mobilnya. Selain itu, kenali bagaimana cara membedakan plat mobil asli dan palsu agar Anda terhindar dari tindakan yang tidak bertanggung jawab.

    Kenali Ciri-ciri Plat Mobil Palsu Berikut Ini

    Plat palsu sering digunakan oleh pelaku kejahatan untuk menyamar saat melakukan tindakan seperti perampokan, pencurian, dan lain-lain. Selain itu, ada pula yang menggunakannya untuk menghindari ditilang polisi akibat pajak kendaraan yang mati.

    Sebagai langkah pencegahan, penting untuk Anda mengenali apa saja ciri-ciri plat kendaraan yang palsu. Berikut beberapa di antaranya:

    • Bahan Dasar Plat

    Plat palsu biasanya terbuat dari bahan dasar atau material yang tidak sesuai dengan plat asli. Plat palsu seringkali terbuat dari bahan yang lebih murah seperti logam atau besi biasa, berbeda dengan plat asli yang terbuat dari bahan aluminium alloy.

    Secara kasat mata, perbedaannya bisa langsung terlihat karena data lengkap terkait spesifikasi plat untuk TNKB asli sudah dimiliki oleh personel kepolisian. Anda bisa mendeteksinya dari kekuatan, kekakuan, bobot, hingga ketahanan terhadap karat.

    • Aplikasi Cat Berbeda

    Selanjutnya, jangan lupa memperhatikan bahan cat yang diaplikasikan pada permukaan plat. Pasalnya, plat mobil asli menggunakan bahan cat khusus yang tidak dijual bebas di pasaran, sehingga tidak mudah diduplikasi.

    Jika diamati, warna dasarnya terlihat lebih merata dan sedikit glossy. Selain itu, terdapat garis putih di dekat plat nomor dengan pola dan tulisan yang terlihat sangat jelas, berbeda dengan plat palsu yang pola dan tulisannya terkadang tampak memudar.

    • Jenis Font Berbeda

    Detail ketiga yang perlu diamati adalah jenis font atau tulisan pada cetakan angka dan hurufnya. Model cetakan timbul (embossing) pada tulisan di plat mobil palsu tentu berbeda dengan plat mobil asli.