Berita

    Ketahui Arti dari Parkir Paralel

    Ketika belajar mengemudi, pasti Anda juga akan belajar cara parkir. Ada dua jenis parkir yang perlu Anda pahami, yakni parkir seri dan parkir paralel. Namun kali ini kita hanya akan membahas arti dari jenis parkir kedua saja.

    Tak hanya memahami artinya, kita juga akan membahas tips agar bisa melakukannya dengan sukses. Oleh sebab itu, ikuti uraian selengkapnya berikut ini!

    Arti Parkir Paralel

    Pada umumnya, para pengemudi akan memarkir dengan cara ini ketika lahan parkir terbatas. Contohnya, lahan parkir di pinggir jalan atau berbagai tempat umum seperti pusat perbelanjaan. Jadi, mobil-mobil akan berjajar membentuk satu garis lurus.

    Ketika memarkir mobil secara paralel, maka Anda harus berhati-hati agar tidak menggores mobil lain terutama mobil yang berada di depan dan belakang Anda. 

    Selain itu, Anda juga harus memberi celah antar mobil agar orang lain bisa lewat. Anda juga perlu memperhatikan peraturan setempat karena terkadang parkir mobil paralel tidak boleh di rem tangan

    Biasanya, mobil dengan transmisi otomatis yang sering melakukan parkir dengan cara ini. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa mobil dengan transmisi manual juga melakukannya.

    Cara Memarkir Paralel

    Parkir paralel dinilai lebih sulit daripada parkir seri. Hal ini disebabkan terbatasnya lahan yang ada. Selain itu, biasanya mobil dengan parkir jenis ini juga mempunyai jarak yang cukup dekat dengan mobil lainnya. Itulah mengapa Anda perlu mengetahui cara yang benar. 

    Terdapat beberapa langkah yang harus ditempuh dalam parkir mobil paralel. Berikut adalah penjelasannya:

    • Sejajarkan Mobil dengan Mobil di Depan

    Jika Anda menemukan tempat kosong untuk parkir secara paralel, maka sejajarkan dulu mobil Anda dengan mobil di depannya. Dengan kata lain, mobil Anda berada di samping mobil tersebut secara lurus.

    Jangan lupa juga untuk memastikan jarak antara mobil Anda dengan mobil lain yang sudah terparkir. Kira-kira jaraknya sekitar setengah meter sehingga Anda bisa menghemat lahan.

    • Mundur dengan Sudut Sekitar 45 Derajat

    Pindahkan tuas transmisi ke arah mundur terlebih dahulu. Setelah itu, putarlah setir mobil Anda ke arah kiri secara penuh. Lalu, mundurlah secara perlahan sehingga mobil Anda membentuk sudut sekitar 45 derajat atau diagonal.

    Untuk membantu Anda ketika memundurkan mobil dengan sudut yang tepat, Anda bisa melihat kaca spion bagian kiri mobil.