Berita

    Featured Image

    Ketahui Ciri-Ciri Rem Mobil Habis dan Bahayanya

    Kondisi rem mobil habis bisa dikenali dengan berbagai ciri-ciri. Salah satunya, ada suara berdecit ketika rem diinjak. Nah, Jika Anda mengalami kondisi ini, sebaiknya segera ganti dengan kanvas rem yang baru.

    Soalnya, sistem rem mobil yang sudah aus bisa membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang. Maka dari itu, informasi mengenai ciri-ciri rem mobil yang habis dan bahayanya sangat penting untuk diketahui.

    5 Ciri-Ciri Rem Mobil Habis

    Terdapat 5 ciri-ciri rem mobil yang habis. Pahami setiap tandanya agar Anda selalu waspada ketika berkendara.

    • Rem Terasa Bergetar Ketika Digunakan

    Salah satu ciri yang bisa Anda kenali adalah jika rem mobil terasa bergetar ketika diinjak normal. Getaran ini disebabkan oleh gesekan antara cakram rem dan kanvas rem yang telah aus.

    Sebaiknya, segera lakukan perbaikan di kedua komponen ini untuk menghindari potensi bahaya ketika Anda sedang berkendara.

    • Suara Desing atau Berdesit saat Mengerem

    Jika Anda mendengar suara desing atau berdesit ketika menginjak pedal rem, ini menandakan bahwa kanvas rem mobil sudah habis dan harus segera diganti.

    Namun, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu. Karena suara desit juga bisa disebabkan oleh penumpukan kotoran pada sistem rem mobil. 

    • Jarak Pengereman yang Memanjang

    Ciri lain bisa dirasakan jika Anda membutuhkan jarak pengereman yang lebih panjang atau lama dari biasanya. Ini bisa jadi tanda bahwa rem mobil Anda telah habis atau aus.

    Terjadinya gesekan antara permukaan kanvas rem dan cakram rem yang sudah aus membuat sistem rem kurang mampu untuk menghasilkan daya yang cukup untuk mengerem mobil.

    • Pedal Rem Harus Diinjak Dalam

    Ciri rem mobil habis selanjutnya mudah dikenali oleh setiap pengemudi karena dapat dirasakan langsung saat berkendara.

    Ketika kanvas rem menipis atau habis, piston yang mendorongnya akan bergerak lebih dalam lagi, sehingga injakan pedal rem terasa lebih dalam.

    Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa injakan pedal rem yang dalam juga dapat disebabkan oleh masalah pada master rem.

    • Berkurangnya Minyak Rem

    Ciri terakhir dari kanvas rem mobil yang habis adalah menurunnya volume minyak rem pada tabung penampungnya di ruang mesin.

    Ketika kanvas rem semakin tipis, minyak rem pada tabung penampung akan semakin berkurang karena pergerakan piston pendorong yang semakin dalam untuk menekan kanvas rem.