Berita

    Ketahui Hal yang Bisa Membuyarkan Fokus Mengemudi

    Mengemudi merupakan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari yang memerlukan para pelakunya untuk memasang fokus tinggi. Fokus mengemudi yang dimiliki oleh seseorang penting untuk diperhatikan sebab apabila pengemudi lalai, maka konsentrasi akan buyar dan dampak yang diakibatkan bisa fatal.

    Meskipun telah mengetahui bahwa kehilangan fokus ketika menyetir dapat memiliki dampak yang merugikan, namun beberapa orang tetap melakukan hal-hal yang menjadi penyebabnya.

    Hal yang Membuyarkan Fokus Mengemudi

    Dalam mengemudikan sebuah kendaraan, fokus pengemudi sebaiknya sepenuhnya jatuh kepada jalan. Namun tidak sedikit dari pengemudi yang merasa abai. Ketahui hal-hal yang bisa memecah fokus pengemudi ketika sedang berkendara di antaranya, yaitu sebagai berikut:

    • Pemakaian Gawai

    Memakai gawai bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan buyarnya fokus mengemudi Anda saat berkendara. Meskipun merupakan fakta, namun masih banyak pengemudi yang menganggap remeh akan hal ini. Tidak sedikit dari pengemudi yang masih bandel dan memilih menggunakan gawainya ketika sedang mengemudi, seperti misalnya menelepon atau bertukar pesan.

    Meskipun telah banyak alternatif yang diciptakan untuk tetap dapat berkomunikasi lewat gawai saat berkendara, akan tetapi hal ini dapat tetap mengurangi kadar konsentrasi dan fokus yang Anda punya terhadap kondisi jalan serta lingkungan sekitar. Sehingga ada baiknya untuk mengurangi penggunaan gawai dalam bentuk apapun saat sedang mengemudi.

    • Makan dan Minum

    Makan dan minum saat mengemudikan kendaraan tentunya dapat membuat konsentrasi Anda terhadap jalan menjadi terbagi. 

    Faktor yang mendukung dilarangnya kegiatan makan dan minum ketika sedang memegang kendali atas sebuah kendaraan adalah dikhawatirkan bahwa baik makanan atau minuman tersebut tumpah, yang pasti akan membuatmu panik dan kewalahan. 

    Hal tersebut dapat mengganggu fokus menyetirmu dan berisiko mengakibatkan kecelakaan.

    • Berdandan

    Menggunakan tangan untuk melakukan kegiatan lain selain memegang setir pada dasarnya mengharuskan Anda membagi fokus antara ke jalanan dan kegiatan lain tersebut.

    Ketika Anda sedang terburu-buru, maka Anda akan memilih untuk melakukan segala sesuatunya di kendaraan, seperti misalnya di mobil. Salah satu kegiatan yang sering dilakukan adalah berdandan. 

    Menggunakan tangan untuk berdandan dibandingkan untuk memegang kemudi dapat mengacaukan fokus mengemudi yang Anda miliki. Ketika hal ini terjadi, maka terdapat dampak yang bisa saja membahayakan, tidak hanya bagi pengendara mobil melainkan untuk orang di sekitar

    • Melamun