Berita

    Jangan Abai! Etika Mengemudi

    Ada berbagai etika mengemudi perlu Anda ketahui dan pahami dengan baik. Dengan begitu, Anda bisa lebih menjaga keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

    Tentunya, menjaga keselamatan adalah hal yang penting dan utama dalam berkendara. Oleh karena itu, Anda tidak boleh mengabaikan berbagai etika saat mengemudikan mobil.

    Etika Mengemudi yang Perlu Anda Pahami dan Terapkan

    Berikut adalah berbagai etika dalam mengemudi yang penting untuk Anda ketahui, pahami, serta diterapkan setiap mengemudikan mobil.

    • Patuhi Berbagai Rambu Lalu Lintas

    Ketika menggunakan jalan raya, tentunya Anda akan menemui berbagai rambu lalu lintas. Patuhi berbagai rambu tersebut dan jadilah pengemudi yang tertib, sehingga Anda bisa menjaga keamanan dan kenyamanan bagi banyak orang.

    Instruksi dari lampu lalu lintas juga perlu dipatuhi. Meski jalanan sedang sepi, tetap ikuti lampu lalu lintas yang menyala.

    • Patuhi Batas Kecepatan

    Selanjutnya, pastikan Anda mematuhi batas kecepatan mengemudi. Jangan melebihi batas kecepatan maksimal, hal tersebut sangat berisiko bagi keselamatan banyak orang.

    Selain itu, atur juga kecepatan mobil sehingga tidak terlalu pelan. Jika mobil Anda terlalu pelan, maka bisa jadi penghalang bagi mobil lain. Aturlah kecepatan dengan baik, sehingga Anda tidak mengganggu pengemudi lain.

    • Pakai Sabuk Pengaman

    Tentunya, sabuk pengaman merupakan hal yang wajib dipakai ketika berkendara dengan mobil. Pastikan Anda selalu memakainya ketika berkendara, demi menjaga keamanan.

    Tidak hanya pengemudi, penumpang pun wajib untuk memakainya. Hal ini sering kali masih diabaikan, padahal risikonya sangat besar jika terjadi kecelakaan.

    • Jangan Lupa Penggunaan Lampu Sein

    Etika mengemudi yang selanjutnya yaitu terkait penggunaan lampu sein. Pastikan Anda menghidupkan lampu sein ketika hendak berbelok, sehingga pengemudi dan pengguna jalan lain bisa mengetahui arah pergerakan mobil Anda.

    • Berkendara dengan Aman

    Menjaga keselamatan pastinya merupakan hal yang penting. Gunakan berbagai teknik mengendara yang aman sehingga tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.

    Jangan lakukan berbagai jenis manuver yang berbahaya, misalnya tiba-tiba menyalip atau berpindah jalur. Pastikan juga Anda tidak melawan arah karena bisa sangat berbahaya bagi banyak orang.

    • Pakai Isyarat Berkendara dengan Bijak