Berita

    Ketahui Jenis Rest Area di Jalan Tol

    Jika Anda bepergian ke luar kota atau luar pulau lewat jalur darat, pasti Anda akan menemukan satu tempat yang disebut rest area. Tempat ini sering terlihat di jalan tol, jalan provinsi dan jalan-jalan yang menghubungkan kota dengan kota dan wilayah lainnya.

    Tempat ini dibuat untuk mengakomodasi para pengendara yang hendak bepergian jauh agar bisa istirahat guna memulihkan tenaga. Secara resmi, tempat ini merupakan Tempat Istirahat dan Pelayanan atau yang dikenal dengan TIP, agar pengendara dapat pulih dari penat, sehingga dapat melanjutkan perjalanan kembali.

    Jenis Rest Area yang Ada di Jalan Tol Indonesia

    Totalnya ada tiga jenis tempat istirahat yang sering dijumpai di jalan-jalan tol Indonesia. Keberadaan tempat-tempat ini tidak sembarangan sebab ada standar dan interval tertentu yang harus dipenuhi. Interval tersebut diatur dalam ketentuan Peraturan Menteri Nomor 10 tahun 2018.

    Selain sebagai tempat beristirahat, lokasi ini juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai etalase produk-produk lokal buatan masyarakat setempat. Karena banyaknya fasilitas yang melengkapi tempat ini, pemerintah berharap tempat seperti ini dapat menjadi sarana edukasi. 

    Tujuannya agar bisa memberikan pelayanan informasi penting terkait banyak hal, terutama yang berhubungan dengan wisata dan kegiatan UMKM. Informasi lengkapnya mengenai jenis area istirahat akan dipaparkan di bawah ini.

    • Tipe A

    Tipe pertama adalah Tipe A yang memiliki area sangat luas dan dilengkapi dengan fasilitas umum yang sangat lengkap dan modern. Fasilitas-fasilitas tersebut di antaranya konten ATM, klinik kesehatan, minimarket, musala, bengkel, SPBU, toilet, ruang terbuka hijau, dan area parkir.

    Selain itu pula, tipe A memiliki restoran yang besar dan menyajikan menu lengkap dari berbagai daerah. Melihat kelengkapan fasilitas dan bangunannya, tidak heran jika rest area tipe ini sangat luas dan ramai.

    • Tipe B

    Dilihat dari ukuran tempatnya, Tipe B memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Tipe A. Fasilitas yang dimiliki tempat ini pun tidak sebanyak Tipe A. Akan tetapi, fasilitas penting seperti toilet, musala, minimarket, area parkir, konter ATM, dan restoran dipastikan tersedia di sini.

    Selain itu, Tipe B juga memiliki ruang terbuka hijau yang cukup nyaman untuk beristirahat. Anda bisa menemukannya di seluruh jalan tol di Indonesia.

    • Tipe C