Berita

    Ketahui Macam-Macam Alat Ukur Mekanik

    Alat ukur mekanik adalah sebuah piranti untuk melakukan pengukuran dimensi pada benda. Seperti tinggi, kedalaman, diameter, panjang hingga lebar. 

    Pada bidang otomotif, keberadaan alat ukur ini begitu penting. Khususnya untuk para mekanik mobil atau bahkan Anda yang akan memperbaiki mobil. Fungsinya adalah untuk melakukan pengukuran keausan komponen pada kendaraan. 

    10 Alat Ukur Mekanik untuk Bidang Otomotif

    Ada banyak sekali alat ukur di dunia ini. Namun, sedikitnya ada 10 alat ukur yang berguna untuk otomotif. Apa saja macam-macamnya dan fungsinya? Berikut ini selengkapnya!

    • Jangka Sorong (Vernier Caliper)

    Pertama adalah sebuah alat yang bernama jangka sorong. Fungsi dari alat ini adalah untuk melakukan pengukuran ketebalan pada benda. Anda juga bisa mengukur diameter benda menggunakan alat ini.

    Kelebihannya yaitu memiliki ukuran yang sangat detail. Sebab ada ukuran terkecilnya yaitu mulai 0,1 mm sampai dengan 0,05 mm.

    • Feeler Gauge

    Berikutnya adalah sebuah alat untuk mengukur ketebalan mesin kendaraan. Alat ini juga bisa untuk mengetahui apakah komponen sudah mulai aus atau tidak.

    Feeler gauge terdiri dari 10 bilah tipis yang memiliki ketebalan berbeda. Biasanya digunakan untuk mencari ukuran celah pada busi, katup dan beberapa komponen transmisi mobil.

    • Kunci Momen

    Berikutnya adalah kunci momen yang berfungsi untuk mengetahui kerapatan dari sebuah baut. Anda juga bisa merapatkan mur atau baut dengan ini, tanpa takut pecah.

    • Cylinder Bore Gauge

    Keempat ada alat ukur yang berfungsi untuk mengetahui tingkat ausnya komponen, hingga kestabilan pada silinder. Salah satu yang biasa digunakan oleh mekanik adalah melakukan pengukuran piston dengan cylinder bore gauge ini.

    • Dial Test Indicator (DTI)

    Selanjutnya adalah alat yang bentuknya menyerupai kompas. Namun fungsi dari alat ini jauh berbeda. Yaitu sebagai alat yang bisa mengukur kelengkungan piringan atau poros.

    DTI begitu teliti karena dapat melakukan pengukuran hingga angka 0,01 mm. Salah satu yang menjalani pengukuran adalah proses naik piston.

    • Inside Caliper

    Alat ukur mekanik yang keenam adalah inside caliper yang bisa melakukan pengukuran pada dimensi dalam dan juga diameter pada sebuah benda. Inside caliper juga bisa mengetahui apakah permukaan sebuah benda telah sejajar dan presisi atau masih miring.

    • Outsider Caliper