Berita

    Featured Image

    Simak Cara Mengatasi Power window pada Mobil yang Macet

    Power window mobil adalah salah satu komponen bagian dari mobil yang dapat menambah kenyamanan untuk pengendaranya. Namun, masalah yang sering terjadi ialah saat mengalami kemacetan, jendela mobil tersebut akan sulit ditutup atau dibuka. 

    Pada dasarnya, power window adalah komponen pada mobil yang berfungsi untuk membuka dan menutup jendela mobil dengan otomatis. Tinggal ditekan, kaca mobil bisa terbuka atau menutup dengan otomatis. Namun, mengapa bagian ini bisa mengalami kerusakan? 

    Penyebab dan Cara Mengatasi Power window Mobil Macet

    Sebagai pemilik mobil, Anda harus mengetahui apa saja penyebab dari power window yang macet serta bagaimana cara mengatasinya. Karena itu, di bawah ini kami telah siapkan informasinya untuk Anda.

    • Komponen Penggerak sudah Aus

    Penyebab pertama dari power window mobil yang macet yaitu karena komponen penggeraknya yang sudah aus. Pada sistem power window, ada komponen penggerak berupa motor listrik.

    Sama dengan komponen lainnya, motor listrik ini juga memiliki potensi mengalami aus seiring banyaknya intensitas pemakaian. Bagian yang paling sering mengalami kerusakan yaitu brush atau sikat motor. 

    Bagian ini yang akan menyalurkan arus listrik dari sumbernya ke rotor motor yang berputar. Kondisi ini akan membuatnya terus bergesekan dengan brush sehingga mengakibatkan komponen menjadi aus dan arus listrik tidak dapat tersalurkan dengan baik.

    Cara mengatasinya yaitu Anda harus mengganti komponen brush tersebut agar dapat kembali berfungsi dengan normal. Jadi, arus listrik dapat kembali tersalurkan ke rotor motor dan jendela tidak macet lagi.

    • Rel Jendela Kaca Mobil Kotor

    Power window mobil macet bisa dikarenakan rel jendela pada kaca mobil sudah terlalu kotor. Perlu disadari bahwa bagian rel jendela mobil merupakan bagian yang sangat rentan terkena kotoran, baik itu berbentuk debu atau cairan.

    Kotoran tersebut bisa didapatkan dari kaca mobil yang kotor dan turun ke sela-sela rel jendela. Nantinya, rel kaca mobil akan mengeluarkan bunyi pada saat kaca dinaik turunkan. 

    Jika dibiarkan, kaca mobil bisa mengalami kemacetan karena pergerakannya tersumbat oleh kotoran yang menumpuk pada rel. Untuk mengatasinya, Anda harus selalu menjaga kebersihan kaca dan rel kaca dari mobil tersebut.

    • Saklar Rusak