Berita

    Amankah Mengecas HP di Mobil? Ini Penjelasannya

    Ponsel bisa dibilang telah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Sangat penting untuk menjaga daya baterai agar ponsel tetap menyala. Tidak jarang juga orang-orang memilih untuk mengecas HP di mobil saat daya baterainya mulai habis di perjalanan.

    Pertanyaannya, apakah mengisi daya ponsel di mobil merupakan hal yang aman untuk dilakukan? Adakah risiko yang bisa membahayakan dari terlalu sering mengecas ponsel di mobil? Untuk mengetahui jawabannya, simak pembahasan lengkapnya pada poin-poin di bawah ini.

    Tips Aman Mengecas HP di Mobil

    Dengan kecanggihan teknologi, saat ini Anda tidak hanya bisa mengecas ponsel secara langsung di stopkontak melainkan bisa juga di mobil. Mengisi daya ponsel di mobil biasanya banyak dilakukan orang saat HP miliknya mengalami habis baterai di jalan.

    Supaya tetap aman, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat hendak mengecas ponsel di sebuah mobil. Tips-tips tersebut ialah sebagai berikut.

    • Gunakan Adaptor yang Sesuai

    Tips pertama supaya bisa aman mengisi daya ponsel di dalam mobil, yaitu Anda perlu memastikan bahwa adaptor yang digunakan sesuai. Jangan tergiur membeli adaptor yang murah karena bisa membahayakan. Pilihlah adaptor yang sesuai dengan ponsel Anda dan kualitasnya bagus.

    • Segera Cabut saat Panas

    Apabila baik ponsel maupun adaptor mulai terasa panas, sebaiknya Anda segera mencabutnya. Kemudian jika daya ponsel sudah terisi penuh, usahakan untuk mencabut adaptor dari mobil juga dan jangan hanya melepas adaptor dari ponselnya saja. 

    • Pantau Pengisian Daya

    Saat mengecas HP di dalam mobil, Anda perlu rutin mengecek kondisi baterainya. Segera sudahi pengisian daya jika baterainya sudah penuh. Jangan sampai Anda membiarkan ponsel yang sudah penuh baterainya terlalu lama begitu saja karena bisa berbahaya.

    • Charge dalam Kondisi Mati

    Agar lebih aman, Anda juga bisa mematikan ponsel saat hendak mengisi daya. Dengan mengecas HP saat kondisinya mati, hal ini akan meminimalisir terjadinya gangguan listrik yang membuat ponsel menjadi rusak.

    • Hanya saat Kondisi Darurat

    Meski bisa dijadikan sebagai opsi, namun pastikan Anda hanya mengisi daya ponsel di dalam mobil saat kondisinya darurat atau saat kondisinya low battery saja. Hal ini tentu akan menjadi pilihan terbaik tidak hanya untuk mobil Anda saja melainkan juga untuk ponsel Anda juga.