Berita

    Ini Dia Informasi Yang Harus Anda Ketahui Tentang Jenis Dari Kaca Mobil

    Semua mobil memiliki kaca sebagai perangkat penting keamanan yang melindungi kabin mobil. Ia juga menjadi piranti yang membuat mobil terlihat lebih menarik dan mewah dengan sentuhan-sentuhan khusus seperti modifikasi atau penggunaan kaca-kaca dengan spesifikasi khusus. Kaca penting karena ia bertugas menjadi penghalau angin dan kotoran yang tertiup bersama angin saat mobil melaju atau diparkir. Secara umum kaca mobil yang dipasang dari pabrikan sudah memperhitungkan keamanan dan memenuhi standar kelayakan dari sisi estetika.

    Jika dilihat secara sekilas kaca mobil itu, sebenarnya sama saja. Tidak ada yang berbeda. Namun sebenarnya kaca mobil itu ada beberapa jenis dan masing-masing memiliki kelebihannya. Berikut dua jenis kaca mobil yang dikenal luas

    1. Kaca Tempered

    Kaca jenis ini lebih kuat dari kaca biasa karena teknologi dan proses pembuatannya berbeda dengan kaca biasa. Proses pembuatannya menggunakan pemanasan bersuhu tinggi hingga mencapai 650 derajat celcius. Dalam kondisi yang sangat panas dengan suhu yang ekstrim itu,  kaca langsung didinginkan seketika. Proses ekstrim ini membuat kaca tersebut sangat kuat, sehingga sulit untuk pecah. Meskipun demikian, Kaca tetaplah kaca, bisa juga pecah bila terkena benda tumpul dan keras dengan kekuatan tertentu. Jenis kaca ini biasanya diaplikasikan ke mobil-mobil besar seperti truk, bus dan kendaraan sejenisnya. Biarpun sangat kuat kaca ini juga didesain untuk mudah dipecahkan dalam keadaaan darurat. Kaca ini bisa pecah jika mendapatkan hantaman benda tajam hingga 1/6 ketebalannya. Kaca ini rentan terhadap benda seperti itu, jika permukaannya ditembus, seluruh bagian kaca akan pecah berkeping-keping. Kaca ini biasanya dipasang di bagian samping atau belakang mobil.


           2. Kaca Laminated

    Kaca Laminated merupakan jenis kaca yang terbentuk dari dua lapis kaca yang disisipkan lembaran film, yang sering disebut Polyvinyl Butyral Film (PVB). Kaca ini, biasanya dipasang pada windshield atau kaca bagian depan mobil. Kaca ini sebagian besar diaplikasikan pada mobil penumpang. Ia tidak mudah pecah karena lembaran film yang menjadi perekat ditengahnya mampu menahan benturan sampai kondisi tertentu. Hal ini yang membuat kaca ini sulit dibobol, karena ia tidak bakal berserakan tetapi tetap terikat dengan film. Kaca laminated tidak bisa pecah berkeping-keping seperti kaca tempered. Fungsi film pada jenis kaca ini, bukan hanya sebagai perekat tetapi juga melindungi kabin dari sinar ultraviolet saat mobil berkendara atau parkir dibawah terik matahari.