Berita

    Tips Aman! Cara Tepat Berkendaran Di Malam Hari

    Tips berkendara adalah hal yang dibutuhkan oleh banyak orang. Apalagi saat berkendara di malam hari. Dengan menerapkan tips yang benar, maka perjalanan bisa menjadi aman dan nyaman.

    Memang apa saja tips yang bisa dilakukan ketika berkendara di malam hari? Untuk menerapkannya, temukan informasi pada pembahasan berikut! 

    Tips Berkendara Aman di Malam Hari

    Mengemudi larut malam terutama jika Anda harus bepergian jarak jauh maka perlu persiapan yang matang. Berikut hal yang perlu Anda perhatikan sebelum berkendara di malam hari. 

    • Pastikan Tubuh dalam Kondisi Fit

    Sebelum berkendara di malam hari, Anda harus memastikan jika tubuh Anda dalam kondisi fit atau bugar. Jika Anda merasa pusing, sakit kepala, tubuh lelah, sampai adanya masalah penglihatan maka sebaiknya tunda dulu perjalanan Anda.

    Ketika dalam kondisi gelap, Anda memerlukan fokus yang tinggi selama berkendara sehingga jika tubuh Anda tidak fit maka bisa berbahaya bagi keselamatan Anda. 

    • Atur Penggunaan Headlights

    Kondisi jalanan yang minim penerangan membuat Anda harus ekstra hati-hati selama dalam perjalanan. Penggunaan lampu mobil yang tepat bisa membantu perjalanan Anda lebih nyaman dan mudah. 

    Tips berkendara berikutnya Anda bisa menggunakan high beams saat kondisi jalan sepi, gelap, hujan atau berkabut.

    Kemudian apabila kondisi jalanan ramai dan dekat dengan kendaraan lain maka Anda bisa mengganti lampu menjadi low beams. Penggunaan low beams diperlukan agar sinar lampu Anda tidak menyilaukan pengendara lain. 

    • Turunkan Penerangan dalam Mobil

    Karena kondisi yang gelap biasanya membuat seseorang menghidupkan lampu dalam mobil dengan terang. Untuk mencegah silau saat mengemudi, Anda bisa menurunkan penerangan di dalam mobil terutama lampu indikator dan dasbor. 

    • Hindari Mengebut

    Salah satu hal yang harus Anda hindari ketika berkendara di malam hari adalah mengemudi dengan kecepatan cepat atau mengebut. 

    Saat malam hari, kemampuan mata dalam melihat menurun sehingga Anda akan lebih sulit mengetahui dengan cepat apa saja yang ada di sekitar Anda seperti binatang, pengendara sepeda sampai pejalan kaki. 

    Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, sebaiknya gunakan batas kecepatan aman saat berkendara di malam hari. 

    • Tetap Jaga Jarak Aman