Berita

    Simak Efek Telat Ganti Oli Mobil

    Mobil terdiri dari komponen mesin dengan proses perawatan menggunakan oli sebagai alat pelumas. Jika tidak diganti secara rutin, tentu Anda akan menghadapi efek telat ganti oli mobil yang membuat kinerja mesin menurun.

    Mengganti oli harus dilakukan secara rutin agar menghindari terjadinya gesekan antar komponen mesin mobil. Jika hal ini tidak lakukan, tentu bisa membuat kondisi mesin mobil semakin memburuk. 

    6 Efek Telat Ganti Oli Mobil

    Mengganti oli secara rutin adalah cara perawatan paling tepat untuk menjaga kualitas mesin mobil. Jika hal tersebut tidak lakukan, tentu akan memiliki dampak cukup signifikan pada kinerja mobil.

            1. Boros Bensin

    Efek pertama yang bisa Anda rasakan jika oli mobil tidak diganti, ialah bahan bakar terasa lebih boros dari biasanya. Oli mobil yang tidak pernah diganti bisa membuat gesekan pada mesin semakin kuat dan tarikan menjadi berat.

    Sehingga, hal ini bisa menyebabkan mesin pada mobil membutuhkan tenaga yang lebih besar dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih besar. Itu berarti, penggunaan mobil tanpa mengganti oli secara rutin akan membuat bensin mudah habis dan boros.

            2. Tenaga Mesin Berkurang

    Jika Anda merasa tenaga mesin mobil berkurang, hal itu bisa disebabkan karena oli yang sudah lama tidak diganti. Kondisi ini juga bisa muncul karena kualitas oli yang jelek sehingga harus segera diganti dengan yang baru.

    Untuk mencegah hal tersebut, perlu diperhatikan berapa lama batas pemakaian dari umur oli itu sendiri. Mengganti oli secara rutin bisa menjaga performa mesin mobil tetap baik.

            3. Membuat Mesin Overheat

    Beberapa permasalahan yang sering ditemukan pada mobil adalah kondisi mesin yang overheat. Keadaan ini bisa dirasakan dimana mesin lebih mudah panas dari biasanya.

    Mesin overheat bisa diakibatkan kondisi oli yang sudah jelek dengan tanda-tanda menghitam dan mengental. Jika Anda melihat oli mobil seperti ini, maka segeralah untuk menggantinya agar tidak merusak mesin.

            4. Permukaan Mesin Berkerak

    Oli yang jarang diganti tidak hanya menurunkan performa kerja pada mesin mobil saja. Hal ini bisa berpengaruh terhadap dampak yang lebih parah seperti merusak komponen mesin itu sendiri.

    Efek telat ganti oli mobil yang sering ditemukan dalam dunia otomotif yaitu permukaan pada mesin menjadi berkerak. Hal ini bisa disebabkan karena tekstur oli yang semakin mengental dan menempel di sekitar dinding mesin hingga kering.