Berita

    Featured Image

    Ketahui Fungsi Shark Fin Antena Mobil

    Tahukah Anda kalau antena dengan bentuk yang mirip seperti ikan hiu atau biasa disebut shark fin antena mobil? Antena mobil jenis ini ternyata cukup banyak peminatnya di kalangan para pemilik kendaraan beroda empat?

    Penting untuk Anda ketahui bahwa antena dengan bentuk unik ini, menjadi aksesoris mobil yang sangat populer di kalangan para pecinta otomotif! Bahkan tidak dapat dipungkiri jika ternyata mayoritas pemilik kendaraan beroda empat, pasti memiliki antena sirip hiu ini di atas mobil mereka.

    Bentuk Desain Antena Sirip Hiu

    Jika dibandingkan dengan bentuk antena yang konvensional (yang berbentuk batang logam yang menjulang tinggi), tentunya akan terlihat perbedaan yang cukup signifikan. 

    karena berbahan dasar plastik ABS, sehingga antena pun dapat lebih awet serta tahan terhadap perubahan cuaca. Keseruan lain dari desain antena sirip hiu ini, Anda dapat mewarnainya sesuai dengan warna mobil Anda. 

    Bentuknya yang mirip dengan sirip hiu, membuat tampilan dan desain antena jadi semakin terlihat modern sekaligus  sangat aerodinamis. 

    Fungsi Shark Fin Antena Mobil

    Ketika membahas soal fungsi, maka  Anda pun harus paham bahwa antena sirip hiu bukan hanya sekedar pajangan untuk mempercantik mobil saja. 

    Tidak sedikit pemilik kendaraan yang mengira fungsi atau kegunaan dari antena sirip hiu hanyalah untuk mendengarkan radio saja, tetapi juga berfungsi untuk menangkap sinyal elektronik yang lain.

    Ada beberapa fungsi dari shark fin antena yang wajib Anda ketahui, sebagai berikut:

    • Penangkap sinyal baik itu dari data seluler, radio hingga GPS yang nantinya akan dikonversikan kembali ke dalam head unit yang terpasang  di ruang kabin mobil Anda. 

    Modul dasar yang berukuran 16mm, nantinya akan menghubungkan head unit menggunakan cable connector. Fungsinya sendiri agar dapat meneruskan gelombang seperti gelombang  Satelite Digital Audio Radio Service (SDARS), Advance Mobile Phone Services (AMPS), GPS serta Personal Communication Service (PCS). 

    Sehingga saat Anda sedang berkendara, Anda pun dapat menikmati perjalanan dengan mudah tanpa gangguan karena dapat mendengarkan siaran radio, lagu hingga streaming video karena shark fin antena dapat menangkap sinyal dengan lebih mudah.

    • Aman dan nyaman karena desainnya yang lebih kecil dan rendah, berbanding terbalik dengan antena mobil yang panjang, sehingga saat berkendara dapat membuat antena rawan tersangkut.