Berita

    Tetap Bersih! Panduan Perawatan Bagasi Mobil yang Efektif

    Merawat bagasi mobil adalah salah satu hal yang tidak boleh diabaikan. Sebab, bagasi yang bersih dan terorganisir, membuat pengalaman berkendara Anda lebih menyenangkan.

    Ada beberapa panduan dalam perawatan bagasi mobil supaya tetap bersih dan mampu berfungsi dengan baik. Apa saja? Ikuti informasi berikut!

    Tips Merawat Bagasi Mobil

    Bagasi mobil adalah salah satu ruang yang berada pada bagian belakang kendaraan. Fungsinya untuk menampung berbagai barang bawaan Anda.

    Untuk itu, Anda perlu melakukan perawatan pada bagasi mobil. Supaya barang bawaan Anda tetap terjaga dengan baik. Adapun, berikut ini adalah cara melakukan perawatan di bagasi kendaraan:

    • Bersihkan secara Berkala

    Langkah pertama dalam merawat bagasi kendaraan adalah membersihkannya secara berkala. Setelah Anda mengeluarkan semua barang dari bagasi, gunakan penyedot debu atau sapu halus untuk menghilangkan kotoran menempel di permukaan bagasi. 

    Selanjutnya, lap permukaan bagasi dengan kain microfiber yang bersih dan basah. Tujuannya untuk menghilangkan noda, kotoran yang lebih menempel hingga bau tidak sedap dari barang bawaan Anda. 

    • Gunakan Penyekat atau Divider

    Apabila Anda memiliki bagasi yang cukup besar, pertimbangkan untuk menggunakan penyekat atau divider. Fungsinya untuk membagi ruang bagasi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. 

    Hal ini akan membantu Anda mengatur barang-barang secara lebih efisien. Anda juga dapat mencegah agar barang-barang tidak bergeser atau tergulung saat mobil bergerak.

    • Lindungi Permukaan Bagasi

    Sebaiknya, lapisi bagasi dengan pelindung seperti karpet khusus. Fungsinya untuk melindungi permukaan bagasi dari kerusakan atau noda. 

    Karpet ini akan melindungi permukaan bagasi dari goresan, cipratan cairan, atau kotoran lainnya. Sehingga memudahkan Anda dalam membersihkannya dan menjaga tampilannya tetap baru.

    • Periksa dan Cuci Karpet Bagasi secara Berkala

    Setelah memasang pelindung, Anda perlu merawat bagasi mobil dengan mencucinya secara rutin. Sebab, karpet bagasi rentan terhadap kotoran, cairan, dan bau yang tidak sedap. 

    membersihkan bagasi

    Untuk menjaga kebersihan bagasi, periksa dan bersihkan karpet bagasi secara berkala. Jika karpet sudah terlalu kotor atau rusak, pertimbangkan untuk menggantinya dengan yang baru untuk menjaga bagasi tetap bersih dan segar.

    • Periksa Sistem Engsel

    Selain merawat bagasi mobil dari sisi kebersihannya, jangan lupa untuk selalu memeriksa sistem engsel dan kunci bagasi. Pastikan sistem keamanan bagasi ini berfungsi dengan baik.

    Apabila ada masalah seperti engsel lecet atau susah untuk ditutup, maka sebaiknya segera bawa ke bengkel terdekat. Sebab jika tidak, maka berpeluang terkena tindakan kriminalitas. Selain itu, engsel yang koyak juga dapat melecetkan pintu bagasi.

    • Pastikan Barang Bawaan Sesuai Batas

    Pada buku panduan mobil, produsen telah memberikan batas beban pada mobil termasuk bagasi. Untuk itu, Anda sebaiknya tidak membawa barang atau beban yang melebihi batas tersebut. Apalagi jika sampai bagasi tidak dapat ditutup.

    Hal ini menyebabkan beberapa risiko pada mobil Anda. Seperti bahan bakar lebih boros, serta tarikan mobil yang begitu berat. 

    • Buang Barang yang Tidak Diperlukan

    Seringkali, bagasi mobil menjadi tempat penyimpanan barang-barang yang tidak perlu atau sudah tidak digunakan lagi. Untuk menjaga bagasi tetap rapi dan efisien, periksa secara berkala barang-barang di dalamnya.

    Kemudian singkirkan barang-barang yang tidak diperlukan. Dengan demikian, Anda akan memiliki lebih banyak ruang untuk barang-barang yang memang Anda butuhkan.

    Lakukan panduan tersebut untuk mendapatkan bagasi mobil yang bersih dan rapi. Kemudian pastikan Anda melakukan perawatan secara rutin.