Berita

    Mengatasi Kelelahan saat Berkendara: Strategi untuk Tetap Segar dan Waspada di Perjalanan

    Dalam rutinitas sehari-hari di tengah lalu lintas, pernahkah Anda mengalami kelelahan saat berkendara? Biasanya, hal ini disebabkan karena kondisi kesehatan dan kondisi fisik yang sedang kurang prima.

    Jika dibiarkan dan tidak diatasi, maka hal ini dapat berdampak serius pada keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya. Hal ini karena saat sedang lelah atau mengantuk, maka fokus dan kewaspadaan akan berkurang sehingga respon di situasi darurat menjadi lambat.

    Penyebab Pengemudi Kelelahan Saat Berkendara

    Dari aspek medis, kelelahan saat berkendara bisa disebabkan karena kondisi kesehatan yang kurang baik, misalnya kurang tidur atau kurang asupan makanan dan minuman. Kemudian, terdapat juga faktor psikologis seperti stres, bosan, atau mengantuk.

    Selain itu, ternyata terdapat pula faktor sosiodomestik yang terjadi akibat gangguan atau pengaruh eksternal. Misalnya tingkat kebisingan yang tinggi, adanya embusan angin, temperatur udara yang ekstrim, terkena asap kendaraan lain, dan masih banyak lagi.

    Tips Menjaga Kesehatan dan Kondisi Fisik untuk Mencegah Kelelahan Saat Berkendara

    Berdasarkan berbagai faktor penyebab di atas, maka dapat diterapkan beberapa solusi untuk mengatasinya. Agar Anda tetap aman saat berkendara, berikut ini tips penting yang bisa diterapkan:

    • Istirahat Cukup

    Istirahat yang cukup merupakan faktor penting dalam mencegah kelelahan saat berkendara. Sebab tubuh yang lelah dan kurang istirahat akan lebih rentan terhadap rasa kantuk di balik kemudi.

    Idealnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur antara 7-9 jam setiap malam untuk memastikan tubuh dan pikiran benar-benar pulih. Selain itu, penting juga untuk memiliki pola tidur yang teratur.

    • Jaga Asupan Makanan

    Agar kesehatan dan kondisi fisik selalu prima, pastikan juga untuk menjaga asupan makanan agar energi dan konsentrasi tetap terjaga. Sebaiknya, hindari makanan berat yang berlemak dengan kandungan gula tinggi karena dapat menimbulkan kantuk.

    • Minum Cukup

    Selain makanan, jangan lupa juga untuk minum air yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan dan menurunkan konsentrasi. Selain itu, hindari minuman beralkohol dan kafein, cukup konsumsi air putih saja.

    • Hindari Konsumsi Obat dengan Efek Kantuk

    Beberapa jenis obat tertentu seperti obat anti mabuk kendaraan, obat flu, obat alergi, atau pereda nyeri tertentu, dapat memiliki efek samping berupa kantuk. Karena itu, selalu periksa efek samping obat tersebut sebelum dikonsumsi.

    • Tentukan Waktu Berkendara yang Tepat