Berita

    Kenali 5 Fungsi dan Manfaat Faktur Pembelian Mobil

    Faktur pembelian mobil merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh dealer ketika Anda membeli mobil baru. Dokumen satu ini sangat penting dan menjadi salah satu tanda transaksi yang sah dari pembelian mobil Anda. Pada artikel di bawah ini, Anda akan dijelaskan tentang apa itu faktur pembelian beserta fungsi dan manfaatnya!

    Kenali Faktur Pembelian Mobil

    Faktur pembelian untuk sebuah produk sangat wajib ada dan memiliki peran vital. Ketika Anda membeli mobil baru, faktur mobil adalah dokumen pelengkap agar pembelian mobil Anda resmi dan sah. Terdapat beberapa informasi yang wajib ada di dalam faktur pembelian, yaitu:

    • Nomor mesin mobil
    • Nomor rangka kendaraan
    • Pabrikan kendaraan
    • Nama pembeli kendaraan

    Lembaran faktur pembelian tidak hanya 1 lembar saja, Anda juga wajib memeriksa bahwa ada 4 lembar faktur pembelian bagi masing-masing pihak. Pertama, satu lembar untuk pembeli mobil. Kedua, satu lembar untuk pihak dealer, ketiga untuk pihak Samsat dan lembar terakhir untuk pihak kepolisian.

    Itulah begitu pentingnya faktur pembelian ketika Anda membeli mobil baru. Maka dari itu, Anda wajib mengenali baik-baik arti dari faktur pembelian sebelum bertransaksi jual dan beli mobil baru. Selanjutnya, Anda wajib mengetahui fungsi dan manfaat dari faktur pembelian.

    5 Fungsi dan Manfaat Faktur Pembelian

    Fungsi dan manfaat faktur pembelian mobil patut Anda ketahui agar semakin yakin bahwa dokumen satu ini sangat vital perannya. Berikut ini 5 fungsi dan manfaat faktur pembelian untuk mobil Anda, yaitu:

            1. Sebagai Tanda Bukti Sah

    Faktur pembelian merupakan tanda bukti sah berupa dokumen yang diberikan oleh pihak dealer ketika transaksi penjualan berhasil. Faktur menjadi bukti sah pertama ketika surat-surat lain terbit, seperti STNK dan BPKB dari kepolisian.

    Namun, walaupun faktur pembelian merupakan tanda bukti sah dari pembelian mobil, namun Anda tidak dapat menggunakannya sebagai pengganti STNK atau BPKB. Maka dari itu, jika STNK dan BPKB Anda belum terbit, jangan gunakan mobil terlebih dahulu untuk dikendarai di jalan raya.

            2. Sebagai Bukti Legalitas

    Fungsi dan manfaat faktur pembelian juga sebagai bukti legalitas bahwa mobil yang Anda beli adalah produk resmi dan asli. Maka dari itu, apabila Anda merasa ragu ketika ingin membeli mobil baru, tanyakan pada pihak leader untuk mengeluarkan faktur pembelian. Anda wajib menyimpan faktur pembelian bersama STNK dan BPKB, karena nanti akan bermanfaat untuk hal lain.