Berita

    Asuransi Mobil All Risk: Biaya, Kelebihan & Cara Klaimnya

    Memiliki asuransi mobil all risk sangat diperlukan. Jika Anda bersalah dalam kecelakaan mobil, pertanggungjawaban otomatis diperlukan pada polis asuransi mobil Anda untuk membantu membayar kerugian yang ditanggung.

    Kerugian tersebut dapat berupa tagihan medis pihak lain dan kerusakan pada kendaraan mereka atau properti lain yang diakibatkan oleh kecelakaan tersebut hingga mengganti pendapatan mereka yang hilang jika cedera mereka membuat mereka tidak dapat bekerja. 

    Asuransi juga membantu membayar biaya hukum jika Anda dibawa ke pengadilan atas kecelakaan itu. Tanpa asuransi, Anda harus membayar biaya-biaya tersebut dari kantong Anda sendiri.

    Asuransi Mobil All Risk

    All risk berarti cakupan risiko apa pun akan ditangani. Asuransi semacam ini juga disebut comprehensive atau all-inclusive. Itu berarti bahwa perusahaan asuransi akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, dari kerusakan kecil hingga berat dan hilang.

    Tabrakan atau kecelakaan adalah suatu hal yang tidak bisa diprediksi. Mungkin Anda memang berhati-hati tapi bisa saja orang lain tidak. 

    Asuransi yang cakupannya komprehensif bahkan dapat membantu membayar perbaikan atau penggantian jika mobil Anda dicuri atau rusak oleh sesuatu selain tabrakan, seperti benda jatuh atau kebakaran.

    Atau, katakanlah Anda tidak sengaja menabrak trotoar dan merusak bumper depan mobil Anda. Asuransi mobil all risk dapat membantu membayar untuk memperbaiki mobil Anda jika Anda menabrak objek atau kendaraan lain, terlepas dari kesalahannya.

    Perlu Anda ketahui, terdapat sejumlah kelebihan yang ditawarkan asuransi all risk. Apa saja itu? Berikut poin-poin dan penjelasannya:

    • Asuransi all risk mengkompensasi kerusakan pada mobil Anda sendiri, terlepas dari bagaimana hal itu disebabkan (kecuali untuk kerusakan yang disengaja). 

    Kompensasi untuk kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan Anda sendiri: apakah Anda menyebabkan tabrakan, berkendara ke parit atau tergelincir, perusahaan asuransi akan membayar kerusakan dan sering mengatur transportasi pengganti.

    • Banyak perusahaan asuransi menawarkan keuntungan besar ketika mobil dinyatakan kerugian total: seringkali dalam 1 hingga 3 tahun pertama nilai baru mobil akan dibayarkan. Oleh karena itu, asuransi all-risk benar-benar mencakup lebih banyak risiko. 
    • Kerusakan yang disebabkan oleh vandalisme juga ditanggung oleh kebijakan semua risiko.