Berita

    Mengenal Jenis Asuransi Mobil, Lengkap Beserta Manfaatnya

    Memahami jenis asuransi mobil dan manfaatnya penting untuk setiap pengguna kendaraan roda empat ini. Bukan untuk menakut-nakuti, tapi dalam periode Januari hingga September 2022, Korlantas mencatat adanya 94.617 kasus kecelakaan lalu lintas.

    Dibanding tahun sebelumnya pada periode yang sama, ada kenaikan sebesar 34,6 persen atau 70.000 ribu kasus kecelakaan lalu lintas. Penyebab utamanya adalah kelalaian berkendara. Walaupun Anda sudah berhati-hati, masih ada faktor kelalaian pengguna jalan lain.

    Kemungkinan risiko terluka bisa diminimalisir dengan menambah tingkat kewaspadaan dan keamanan. Tetapi, risiko kerusakan ringan atau berat pada kendaraan biasanya tidak bisa dihindarkan. Hal inilah yang memperlihatkan betapa pentingnya mobil untuk diasuransikan.

    Pasalnya, Anda akan membutuhkan biaya yang lumayan besar untuk mengatasi kerusakan seperti lecet dan penyok di mobil. Selain rusak akibat kecelakaan, asuransi mobil dapat memberikan perlindungan dari risiko lainnya seperti kehilangan, kebakaran, dan bencana alam.

    Setelah mengetahui pentingnya asuransi mobil, Anda perlu menyimak informasi di bawah ini agar tidak salah memilih jenis polis asuransi yang sesuai kebutuhan.

    4 Jenis Asuransi Mobil

    Ada 4 jenis polis asuransi mobil yang perlu Anda ketahui. Masing-masing meng-cover berbagai kebutuhan yang berbeda. Berikut penjelasannya.

    • Asuransi Mobil All Risk

    Sesuai dengan namanya, All Risk, jenis ini memberikan perlindungan secara penuh terhadap segala bentuk kerusakan yang tidak disengaja pada mobil. 

    Baik ringan maupun berat, kerugian yang Anda alami akan ditanggung oleh asuransi. Dengan tawaran perlindungan yang luas, biaya untuk asuransi satu ini biasanya lebih besar jika dibandingkan dengan yang lain.

    Namun, Anda tetap mendapat pertanggungan asuransi yang sepadan. Contoh kerusakan atau kerugian yang ditanggung oleh asuransi All Risk berupa bumper rusak, mobil lecet, mobil dicuri atau terbakar, dan mobil masuk jurang.

    • Asuransi Mobil Total Loss Only

    Jenis asuransi mobil kedua adalah Total Loss Only (TLO). TLO menawarkan jaminan perlindungan mobil dari risiko kehilangan total. Baik disebabkan oleh pencurian dan kerusakan yang membutuhkan lebih dari 75% biaya perbaikan.

    Biaya tersebut dihitung dari harga mobil sebelum mengalami kerusakan. Maka dari itu, klaim asuransi TLO akan ditolak bila biaya perbaikan kurang dari 75%.