Berita

    Perawatan Aki Mobil: Tips untuk Mencegah Masalah

    Aki mobil merupakan sumber energi listrik yang berfungsi untuk membuat kendaraan bisa dioperasikan sesuai kebutuhan. Perawatan aki yang tepat sangat berguna untuk menghindari mobil bermasalah.

    Jika aki pada mobil tidak dirawat secara berkala, maka bisa menimbulkan proses suplai listrik menjadi terhambat. Akibatnya, ini bisa membuat komponen tersebut bermasalah hingga menyebabkan mobil sulit dinyalakan.

    6 Perawatan Aki Mobil untuk Mencegah Masalah

    Untuk menghindari timbulnya masalah fatal, maka Anda perlu melakukan cara perawatan aki pada mobil yang tepat. Berikut tips yang harus Anda ketahui!

    1. Perhatikan Penggunaan Aki

    Cara pertama, pastikan Anda selalu memperhatikan penggunaan aki pada mobil secara berkala. Tujuannya adalah untuk memperhatikan berapa penggunaan beban dari aki yang sudah digunakan.

    Pengecekan ini sangat berguna agar kondisi aki bisa diketahui secara tepat oleh pemilik mobil. Untuk mengecek beban penggunaan aki, Anda bisa melakukannya di bengkel resmi dan terpercaya.

    2. Bersihkan Aki secara Berkala

    Untuk menjaga kondisi aki mobil dengan baik, jangan lupa untuk selalu membersihkannya secara berkala. Sebab, aki yang kotor akan menyebabkan kesulitan untuk menghantarkan listrik ke komponen mobil lainnya.

     

    membersihkan akiFreepik.com

    Adapun bagian yang harus dipastikan kebersihannya adalah dengan membersihkan area terminal aki. Cara membersihkannya dilakukan dengan menyikat aki menggunakan sikat secara perlahan.

    3. Panaskan Mobil

    Tahukah Anda bahwa penting sekali untuk memanaskan mobil secara berkala untuk merawat aki tahan lama? Meski mobil sedang tidak dipakai, namun Anda tetap harus memanaskan mobil setidaknya 5-10 menit setiap hari.

    Mengapa harus begitu? Mobil yang tidak pernah dipanaskan akan berdampak terhadap kualitas kondisi aki yang menurun. Akibatnya aki akan menjadi cepat tekor dan soak sehingga mobil bermasalah.