Berita

    Ketahui Cara Membersihkan Jok Mobil Hanya Dirumah Saja

    Jok mobil Anda kotor? Berjamur? Jika iya, sudahkan Anda mengetahui cara menghilangkan jamur di jok mobil? Hmmm, bagaimana caranya? Apakah mudah dan bisa dilakukan di rumah?

    Tenang, mudah kok, yaitu dengan mengetahui cara membersihkan jok mobil yang benar. Mudah sekali, Anda bisa menggunakan bahan yang tersedia di rumah. Selengkapnya, Anda dapat mengetahui informasi seputar cara-caranya di bawah ini.

    Cara membersihkan jok mobil 

    Terdapat beberapa langkah untuk membersihkan jok mobil. Mulai dari mengetahui bahan jok mobil, alat & bahan pembersih yang tepat, serta metode pembersihannya. Tanpa basa-basi lagi, beginilah langkahnya.

    • Mengidentifikasi jenis bahan jok mobil

    Sebelum memulai pembersihan, Anda sebaiknya tahu jenis bahan apa yang digunakan jok mobil. Jadi, identifikasikan, apakah bahannya terbuat dari kain, tenun, kulit, atau yang lainnya?

    Hal ini penting, sebab setiap bahan memiliki perlakuan yang berbeda untuk cara membersihkannya. Contohnya jok kulit asli maupun sintetis tidak dapat dibersihkan dengan cara yang sembrono atau menggunakan pembersih bersifat keras.

    Begitupun dengan jok fabric atau kain katun, ia tidak boleh digosok terlalu kencang. Karena jika tidak, kekencangan tersebut dapat menimbulkan kecacatan pada bahannya.

    Begitu pula bahan pembersihnya, Anda harus mengetahui masing-masing yang boleh digunakan pada tiap bahan jok mobil.

    • Menggunakan bahan pembersih yang tepat

    Cara membersihkan jok mobil selanjutnya adalah dengan menggunakan cairan pembersih. Terdapat banyak sekali jenis bahan cairan pembersih yang tersedia di minimarket atau supermarket. 

    Mereka memiliki beberapa tingkatan dari yang keras hingga yang lembut. Contohnya yaitu dari deterjen hingga shampo bayi.

    Untuk jok berbahan katun, Anda dapat mengoleskan cairan deterjen pakaian bayi pada spot noda. Kemudian untuk jok berbahan kulit, Anda dapat menggunakan pelembut kulit atau conditioner rambut pada spot noda.

    Jika jok Anda telah dimodifikasi, Anda dapat menyesuaikan bahannya sesuai bagian-bagian yang ada.

    • Metode pembersihan jok mobil kain

    Cara membersihkan jok mobil kain cukup mudah. Mula-mula, pastikan semua debu dan kotoran pada jok disedot menggunakan vacuum cleaner. Kemudian dengan ember, isilah dengan air hangat, campurkan deterjen cair di dalamnya, dan rendamlah busa spons sebentar.