Berita

    Featured Image

    8 Cara Mengatasi Bau Apek dalam Mobil

    Mobil bau apek pasti akan membuat pengendaranya merasa tidak nyaman. Jika sudah seperti ini maka waktunya Anda menerapkan cara mengatasi bau apek dalam mobil yang tepat dan efektif. 

    Bau apek ini bisa terjadi karena banyak hal. Misalnya saja karena kondisi kabin yang kotor dan jarang dibersihkan, bisa juga karena filter AC yang bermasalah. Mari cari tahu apa saja solusi tepat untuk mengatasi bau apek tersebut. 

    Cara Mengatasi Bau Apek dalam Mobil

    Berkendara di dalam mobil yang bau apek jelas terasa sangat tidak nyaman. Bau apek tersebut akan terus tersimpan di mobil dan semakin parah jika tidak segera diatasi. Selain tidak nyaman, hal ini juga bisa mengganggu konsentrasi Anda saat mengemudi. 

    Jika Anda sudah merasa mobil bau apek dan tidak nyaman, maka jangan diam saja. Cobalah untuk melakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasinya. 

    • Bersihkan Kabin Mobil

    Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan kabin mobil. Anda bisa memakai vacuum cleaner untuk menyedot semua debu yang ada di kabin. Setelah itu keluarkan karpet dan bersihkan agar tidak ada lagi bau apek. 

    • Ganti Filter AC

    Bau apek pada mobil bisa saja muncul akibat filter AC yang kotor dan sudah lama tidak diganti. Lebih baik periksa komponen ini dan ganti dengan filter yang baru jika memang sudah tidak layak untuk dipakai. 

    • Buka dan Jemur Mobil

    Sangat disarankan untuk menjemur mobil Anda di bawah sinar matahari agar bau apek hilang. Demi mendapatkan hasil yang optimal, bukalah kaca mobil agar sirkulasi udara lebih lancar. Nantinya bau apek akan keluar berganti udara baru yang segar. 

    • Gunakan Penyerap Bau

    Solusi lain yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bau apek di dalam mobil adalah memakai penyerap bau. Anda bisa membeli produk penyerap bau di toko-toko agar bau apek di dalam mobil bisa hilang secara sempurna. 

    • Letakkan Bubuk Kopi

    Menyimpan bubuk kopi di kabin bisa jadi salah satu pilihan cara mengatasi bau apek dalam mobil. Bubuk kopi diketahui punya aroma yang cukup kuat dan bisa membantu menghilangkan bau apek atau bau tidak sedap lainnya di mobil Anda. 

    • Gunakan Pengharum Mobil

    Cobalah untuk memasang pengharum mobil dengan aroma yang enak. Sangat disarankan untuk memakai pengharum mobil yang punya aroma lembut, tidak terlalu menyengat agar lebih nyaman bagi Anda dan penumpang.

    Gunakan Pengharum Mobil

    Freepik.com

    Namun sebelum memasang pengharum, lebih baik Anda pastikan kondisi mobil benar-benar bersih. Selain itu akan jauh lebih baik jika mobil sudah dijemur terlebih dahulu untuk mengurangi bau apek, baru dipasang pengharum. 

    • Pakai Air Purifier

    Tidak hanya di rumah, Anda juga bisa memakai air purifier di dalam mobil. Alat ini bisa membantu menjaga kualitas udara dalam mobil tetap bagus. Selain itu alat ini juga bisa menyerap bau apek dan menghadirkan udara baru yang lebih segar. 

    • Bawa ke Salon Mobil

    Solusi terakhir yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bau apek di dalam mobil adalah membawanya ke salon mobil. Mintalah jasa profesional untuk membersihkan mobil Anda secara detail agar hasilnya lebih optimal.