Berita

    Wajib Tahu! Estimasi Biaya Mengganti Kaca Mobil

    Kerusakan mobil tidak hanya terjadi pada bagian komponen yang berkaitan dengan mesin dan performa saja. Beberapa sparepart seperti kaca juga bisa mengalami kerusakan seperti retak atau pecah.

    Adapun macam-macam kerusakan pada kaca mobil sebenarnya cukup beragam, misalnya bisa saja karena terkena benda asing, tergores kawat, getaran hebat, atau benturan keras. 

    Kerusakan kaca yang cukup parah tentunya harus segera melakukan penggantian demi keamanan pengguna mobil.

    Yang tentunya, Anda harus mempersiapkan budget dengan jumlah tertentu untuk ganti kaca mobil. Meskipun biaya service kaca berbeda-beda tergantung dari merek mobil, Anda perlu memperkirakan berapa estimasi yang harus dipersiapkan saat diperbaiki.

    Estimasi Biaya Ganti Kaca Mobil

    Kaca mobil sendiri terdiri dari beberapa bagian dengan fungsi dan karakteristik yang berbeda. Berikut bagian dan perkiraan biaya dari masing-masing kaca mobil.

    • Kaca Mobil Depan

    Kaca depan merupakan bagian kaca yang paling besar karena dipasang di bagian depan mobil. Untuk mengganti bagian ini, Anda perlu mempersiapkan budget sekitar Rp960 ribu per kacanya saja. 

    Harga tersebut belum termasuk biaya jasa pasang yang tentunya dikenakan tambahan sebesar Rp200 ribu untuk lem dan Rp90 ribu untuk listnya.

    • Kaca Mobil Belakang

    Kaca mobil belakang, dipasang dibagian belakang atau pintu bagasi mobil. Tampilan permukaan kaca ini biasanya mempunyai warna lebih gelap dibandingkan kaca lainnya. 

    Untuk biaya sparepart ini dikenakan sekitar Rp560 ribu. Harga tersebut di luar dari biaya lem, list, dan jasa pasangnya.

    • Kaca Mobil Samping

    Kaca mobil samping tentu berbeda dengan bagian kaca depan dan belakang mobil. Kaca ini terbuat dari tempered glass yang tebal sehingga harus diganti dengan yang baru apabila mengalami kerusakan. 

    Biaya yang perlu dipersiapkan sekitar Rp250 - Rp350 ribu tergantung bentuk dari body mobil itu sendiri.

    Berapa Biaya Jasa Pasang Kaca Mobil?

    Setelah mengetahui estimasi biaya ganti kaca mobil, Anda perlu mempersiapkan juga berapa budget untuk membayar jasa pasang kaca mobil ini. Sebab, harga yang ditawarkan tentunya berbeda-beda tergantung dari jenis kerusakan, dan kebutuhan biaya perbaikan lainnya.

    Biaya Jasa Pasang Kaca Mobil

    Freepik.com

    Pemasangan kaca mobil biasanya menghabiskan sekitar Rp600 ribu untuk per bagiannya. Terutama jika Anda menggunakan tenaga jasa yang profesional dan telah memiliki sertifikasi untuk perbaikan sparepart mobil. Tentu harga yang ditawarkan sepadan dengan kualitas.

    Masing-masing brand, tentu mempunyai kebijakan dan aturan yang berbeda untuk perbaikan kaca mobil. Untuk informasi yang lebih jelas, Anda bisa konsultasikan terlebih dahulu ke bengkel mobil terdekat di kota Anda.

    Adapun waktu lamanya melakukan ganti kaca mobil ini bisa berbeda-beda tergantung jenis dan ukuran dari mobil. 

    Jenis mobil yang berukuran kecil biasanya hanya memakan waktu sekitar 2-3 jam saja. Sedangkan untuk mobil berukuran besar, penggantian kaca mobil bisa memakan waktu hingga 4 jam.

    Pastikan Anda melakukan perbaikan kaca mobil di bengkel resmi yang menjual produk atau sparepart lengkap dan bergaransi. Tidak disarankan untuk memperbaiki kaca mobil ke tungkang bengkel abal-abal karena tidak bisa terjamin kualitas dari produk yang digunakan.

    Nah, itu dia penjelasan terkait estimasi biaya ganti kaca mobil yang harus Anda ketahui jika ingin mengganti model kaca yang baru. Semoga ini bisa menjadi referensi yang tepat untuk menyesuaikan ketersediaan budget Anda.