Berita

    Tips Merawat Mobil di Musim Hujan

    Kendaraan roda empat atau mobil memang sudah banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Terutama di kota-kota besar, hampir setiap rumah memiliki mobil yang terparkir di depan rumah. 

    Sayangnya, tidak semua pemilik mobil mengetahui cara merawatnya yang benar terutama di musim hujan. Itulah mengapa kali ini akan dibahas tips merawat mobil di masa tersebut. 

    Jika selama ini Anda belum sepenuhnya merawat mobil dengan cara yang baik dan benar, maka Anda harus membaca artikel ini sampai habis. 

    Tips Merawat Mobil yang Tepat saat Musim Hujan

    Berikut berbagai tips yang bisa digunakan oleh para pemilik mobil untuk merawat kendaraannya di musim hujan:

    • Segera Keringkan Mobil Setelah Kehujanan

    Penggunaan mobil akan semakin meningkat saat hujan tiba. Namun tak banyak orang tahu bahwa mobil harus segera dikeringkan setelah kehujanan. Hal ini disebabkan garam dan asam pada air hujan bisa merusak cat mobil.

    Oleh sebab itu, segera keringkan body mobil setelah kehujanan alih-alih menunggunya kering sendiri. Namun jika badan mobil masih penuh dengan lumpur, maka bersihkan dulu dengan air bersih sebelum dikeringkan.

    • Cek Mesin Secara Berkala

    Tak hanya body saja yang perlu diperhatikan, namun mesin juga perlu diperiksa saat musim hujan datang. Hal ini disebabkan air hujan yang masuk ke sela-sela mesin dapat merusaknya.

    Para pemilik mobil tak perlu selalu memeriksa mesin setiap kehujanan karena cukup membawanya ke bengkel secara berkala untuk dilakukan pengecekan. Namun jika mobil terkena banjir, maka pemilik perlu untuk memeriksa dan membawa ke bengkel segera.

    • Cek Rem Secara Berkala

    Mobil rawan tergelincir saat musim hujan karena jalanan yang licin. Di sisi lain, rem akan bekerja lebih keras untuk menahannya. Maka dari itu, para pemilik mobil perlu memeriksa apakah rem masih bekerja dengan normal.

    Tak hanya itu saja, para pemilik juga perlu memeriksa apakah kampas rem sudah aus atau belum. Kampas rem yang aus bisa membuat pengereman menjadi tak maksimal serta merusak komponen mobil itu sendiri.

    • Cek Ban Secara Berkala

    Tips merawat mobil di musim hujan selanjutnya adalah mengecek ban secara berkala. Jika ban sudah aus, maka mobil akan tergelincir apalagi di atas jalanan yang licin. Maka dari itu, segera ganti ban mobil jika sudah aus atau lama belum diganti.

    • Parkir di Tempat Kering