Berita

    Tips Berkendara Jauh Secara Aman Bersama Lansia

    Selain anak-anak, orang yang telah lanjut usia pun ingin bisa berlibur ke tempat yang menyenangkan. Jika Anda berencana mengajak mereka melakukan perjalanan jauh, jangan lupa untuk mempelajari tips berkendara bersama lansia yang aman berikut ini. 

    Sebab, butuh perencanaan yang matang dan komunikasi yang baik agar tidak terjadi kendala yang berarti agar perjalanan tidak terhambat. Lantas, persiapan apa saja yang harus dilakukan? Berikut informasinya.

    Begini Tips Berkendara yang Aman Bersama Orang Tua (Lansia)

    Seperti halnya anak kecil, orang tua yang telah lanjut usia memiliki batasan dan belum tentu kuat jika harus melakukan perjalanan jauh, terutama jika harus duduk lama di dalam mobil. Untuk menyiasati hal ini ada beberapa kiat yang bisa Anda terapkan, diantaranya adalah: 

    • Cek Kesehatan 

    Tips yang pertama adalah mengajak orang tua untuk mengecek kondisi fisik dan kesehatannya sebelum bepergian. Selain itu, konsultasikan kepada dokter obat dan perlengkapan apa saja yang harus disiapkan. Ingat, jika hasil cek kesehatan tersebut kurang baik, sebaiknya tunda dulu rencana liburan Anda.

    • Membawa Obat yang Dibutuhkan

    Tips yang kedua adalah menyiapkan semua obat-obatan yang dibutuhkan, terutama bagi lansia yang memiliki penyakit tertentu yang bisa kambuh sewaktu-waktu. Misalnya saja penyakit diabetes, jantung, dan tekanan darah tinggi. 

    obat yang dibutuhkanPexels.com

    Intinya, siapkan semua obat yang bisa diminum serta obat-obatan umum seperti obat mual, obat demam, pusing, diare, minyak kayu putih, serta kotak P3K. 

    • Membawa Dokumen Penting

    Selain obat-obatan, Anda juga harus menyiapkan dan mengamankan semua dokumen penting yang diperlukan seperti kartu identitas, visa, paspor, kartu asuransi, dan resep dokter. Bila perlu, buatlah cadangan digital semua dokumen-dokumen tersebut agar bisa digunakan sewaktu-waktu jika ada keadaan darurat. 

    • Menyiapkan Bekal

    Tips berkendara yang aman bersama lansia berikutnya adalah menyiapkan semua bekal yang dibutuhkan berupa makanan dan minuman. 

    Pasalnya, para orang tua yang telah lanjut usia membutuhkan asupan gizi yang bisa menambah energi selama perjalanan. Anda bisa menyiapkan camilan sehat dan air putih yang bisa dimakan selama perjalanan. 

    Agar tidak repot, siapkan saja makanan yang praktis dan mudah disajikan seperti salad, buah-buahan segar, roti, biskuit, dan lain sebagainya. 

    • Perhatikan Posisi Duduk

    Sebelum melakukan perjalanan panjang, sebaiknya perhatikan posisi duduk dari para lansia. Aturlah kursi penumpang yang bisa membuat mereka duduk dengan nyaman walau dalam waktu yang lama. 

    Ini berkaitan erat dengan kondisi mereka yang cukup rentan jika tidak memperhatikan postur tubuh dan cara mereka duduk. 

    Sebab jika duduk dengan posisi yang salah dalam waktu lama akan membuat mereka merasa tidak nyaman dan bahkan bisa menimbulkan penyakit yang baru. 

    • Sempatkan Istirahat

    Jangan samakan kekuatan yang Anda miliki dengan para lansia dan anak-anak. Meskipun tidak merasa lelah walau mengemudi dalam waktu lama, tidak ada salahnya jika singgah sejenak di tempat peristirahatan seperti di pom bensin atau rest area.

    Sebab, ada kalanya mereka bosan dan membutuhkan suasana lain di luar kendaraan. Sambil melihat pemandangan sekitar, Anda bisa melakukan peregangan sambil ngobrol atau menyantap bekal dari rumah. 

    • Jangan Terlalu Mengatur

    Tips yang terakhir agar orang tua merasa bahagia selama dalam perjalanan adalah dengan tidak terlalu mengatur. Biarkan mereka merasakan kesenangan asalkan masih dalam taraf wajar dan tidak membahayakan. 

    Sebab, perasaan orang tua terkadang sensitif. Jadi, kalau terpaksa harus melarang sebaiknya gunakan sikap dan bahasa yang lembut serta gunakan alasan yang tepat.  

    Menyiapkan semua kebutuhan orang tua yang lanjut usia memang penting agar perjalanan terasa menyenangkan. 

    Selain menerapkan berbagai tips berkendara yang aman untuk lansia tersebut, jangan lupa untuk melakukan service rutin kendaraan sebelum berangkat agar acara liburan tetap lancar dan aman.