Berita

    Teknologi dan Fitur Kendaraan yang Berguna bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi kaum difabel, biasanya akan menemui berbagai tantangan ketika akan melakukan perjalanan atau bepergian. Untuk meminimalisir hal tersebut, saat ini sudah semakin banyak dikembangkan mobil ramah disabilitas yang dapat digunakan.

    Ada berbagai teknologi dan fitur dari kendaraan tersebut yang dapat memiliki banyak kegunaan bagi para penyandang disabilitas. Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel ini dan mari ketahui berbagai fitur dan teknologi mobil yang bisa digunakan untuk difabel.

    Teknologi dan Fitur pada Mobil Ramah Disabilitas

    Perkembangan teknologi dalam dunia otomotif memang memiliki banyak perkembangan belakangan ini, termasuk fitur yang dapat sangat berguna bagi penyandang disabilitas.

    Berikut adalah beberapa contoh teknologi dan fitur ramah disabilitas yang sebaiknya Anda ketahui sehingga dapat dimanfaatkan bagi yang membutuhkan.

    • Sabuk Pengaman Khusus

    Pertama, ada sabuk pengaman khusus yang dapat memastikan bahwa penggunanya menjadi semakin aman ketika sedang berada di dalam mobil.

    Biasanya, sabuk pengaman ini banyak digunakan untuk anak-anak serta penyandang disabilitas, sehingga dapat memberikan tingkat keamanan dan kenyaman ekstra.

     

    sabuk pengaman

    Freepik.com

    Meski jalan yang dilalui cukup bergelombang atau berbelok, pengguna sabuk pengaman ini akan tetap aman di posisinya dan tetap stabil.

    Kelebihan lainnya, sabuk pengaman ini juga telah diatur untuk dapat dilepaskan secara cepat jika berada dalam keadaan darurat.

    • Sistem Kontrol Sentral

    Selanjutnya, ada sistem pengontrol sentral yang memungkinkan untuk penggunanya lebih mudah dalam melakukan berbagai pengaturan.

    Alat ini dirancang untuk dapat dipasang di berbagai tipe mobil, sehingga kendaraan Anda pun dapat menjadi mobil ramah disabilitas.

    Anda dapat melakukan berbagai jenis kemudi dengan menggunakan alat ini, sehingga kaum difabel pun dapat lebih mudah untuk berkendara.

    Untuk kaum difabel yang tidak dapat menggunakan kakinya untuk menekan pedal, alat ini juga dapat memberikan bantuan untuk hal ini.

    Selain itu, sistem ini juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis pengaturan lainnya, misalnya wiper, klakson, lampu, dan sebagainya.

    Dengan adanya sistem ini, maka berkendara pun akan lebih mudah dan kebutuhan khusus tidak lagi menjadi penghalang untuk melakukan perjalanan.

    • Jok Mobil yang Dapat Berputar

    Ketiga, ada jok yang memang dirancang khusus untuk penyandang disabilitas. Jok ini dapat berputar secara 360 derajat, sehingga dapat sangat membantu bagi pergerakan kaum difabel atau pihak keluarga yang ingin membantu pergerakannya.

    Dengan adanya jok semacam ini, maka kaum difabel tetap dapat melakukan berbagai pergerakan dengan mudah, terutama ketika akan masuk atau keluar dari kendaraan.

    Manuver atau pergerakan dari jok ini dapat menjadi solusi tepat untuk Anda yang merasa kesulitan ketika sedang berkendara.

    • Pengontrol Suhu Jarak Jauh

    Berikutnya, ada pengontrol suhu jarak jauh yang juga dapat dimanfaatkan secara optimal. Anda dapat melakukan pengontrolan suhu hanya dengan melalui aplikasi, sehingga tidak perlu mengaturnya secara manual.

    Bagi sebagian orang, mengatur suhu secara langsung atau manual mungkin saja tidak bisa dilakukan dengan mudah, sehingga teknologi ini dapat menjadi solusi yang tepat.

    • Kamera Cadangan

    Untuk penyandang disabilitas yang gerakan leher atau gerakan tubuh di bagian lainnya memiliki keterbatasan, maka seringkali merasakan kesulitan untuk melakukan pemantauan terhadap situasi di sekitar.

    Maka dari itu, adanya kamera cadangan dapat menjadi solusi bagi mereka, supaya dapat memantau kondisi dengan lebih mudah. Inilah salah satu hal penting yang sebaiknya ada di mobil ramah disabilitas.

    Kamera ini juga sebagian telah dilengkapi dengan berbagai peringatan suara, sehingga Anda dapat mendengar tanda peringatan jika ada kondisi yang kurang baik.

    Itulah berbagai jenis fitur dan teknologi yang dapat sangat membantu disabilitas merasa lebih mudah dan nyaman dalam melakukan perjalanan. Tentunya, hal ini penting untuk menjadi perhatian bagi para anggota keluarga dari kaum difabel.