Berita

    10 Mitos Mengenai Mobil dan Penjelasannya

    Ada banyak sekali mitos mobil yang ternyata beredar di masyarakat sampai saat ini. Tentunya mitos-mitos tersebut sebaiknya tidak dipercaya begitu saja dan membuat Anda lengah saat memakai atau menggunakan mobil. 

    Sebagai pengguna mobil yang cerdas, pastikan Anda tahu mitos apa saja yang tidak benar tentang pemakaian mobil. Jangan sampai salah paham dan justru merusak kondisi mobil Anda sendiri karena percaya semua mitos tersebut!

    Mitos Mobil yang Tidak Perlu Dipercaya

    Beredarnya mitos mengenai pemakaian mobil ini memang tidak bisa dikendalikan, namun Anda bisa mengambil keputusan yang tepat. Berikut ini beberapa mitos yang sebaiknya tidak Anda percaya tentang mobil:

    • Memakai Ponsel saat Isi Bensin Bisa Memicu Ledakan

    Mitos mobil yang pertama adalah adanya ledakan jika kamu main ponsel saat mengisi bahan bakar. Faktanya, sinyal pada ponsel tidak ada hubungan dengan uap bensin dan tidak ada bukti nyata mengenai mitos tersebut. 

    • Mobil Listrik Lebih Mudah Terbakar saat Kecelakaan

    Banyak orang berpikir bahwa mobil listrik lebih mudah terbakar setelah mengalami kecelakaan. Padahal mobil dengan bahan bakar juga memiliki potensi yang sama untuk terbakar, tidak lebih rendah. 

    • Pemasangan Alarm Mobil Membuat Aki Boros

    Pemakaian alarm pada mobil tidak akan membuat aki Anda jadi lebih boros dan cepat rusak. Selama Anda memakai alarm tersebut sesuai prosedur dan pemasangannya tepat maka aki mobil tetap punya performa yang optimal. 

    • Mengangkat Wiper saat Parkir Bisa Cegah Karet Mengeras

    Mitos mobil berikutnya adalah mengangkat wiper ketika parkir bisa mencegah karetnya mengeras. Hal ini sebenarnya tidak berpengaruh dan karet wiper bisa mengeras seiring usia pemakaian. 

     

    wiper mobilPexels.com

    • Harus Menyalakan Lampu Hazard saat Hujan Deras

    Pemakaian lampu hazard saat hujan deras justru tidak disarankan karena membuat mobil di belakang tidak tahu apakah Anda akan belok kanan atau kiri. Lebih baik cukup nyalakan lampu utama saja saat hujan deras. 

    • Harus ganti Oli Setiap 3000 Mil

    Sebenarnya aturan ini hanya berlaku untuk jenis mobil lama. Sebaiknya penggantian mobil dilakukan saat waktunya sudah tiba tergantung intensitas pemakaian mobil itu sendiri. 

    • Bahan Bakar Premium Bisa Membuat Mobil Lebih Mulus

    Perlu diketahui bahan bakar premium belum tentu lebih murni dan lebih bersih. Jadi belum tentu jenis bahan bakar ini bisa membuat mobil biasa jadi lebih mulus. Lebih baik pakai bahan bakar sesuai tipe mobilnya saja. 

    • Mobil yang Kotor Lebih Hemat Bahan Bakar

    Banyak orang mengira bahwa mobil yang kotor bisa lebih hemat bahan bakar. Padahal kotoran yang menempel pada mobil justru bisa membuat mobil Anda lebih boros bahan bakar sebanyak 10%. 

    • Isi Bensin di Pagi Hari Lebih Untung

    Ada yang mengira bahwa mengisi bensin di pagi hari bisa lebih untung karena suhu udara dingin dan bensin lebih padat jadi bisa dapat bensin lebih banyak. Faktanya kamu bisa mengisi bensin kapan saja dan jumlahnya tetap sama. 

    • Mobil Lebih Tangguh jika Diisi Bahan Bakar Pesawat

    Jelas ini adalah sebuah mitos yang salah karena mobil tidak bisa diisi dengan bahan bakar pesawat. Pastikan untuk mengisi bahan bakar mobil Anda sesuai kebutuhan demi mengoptimalkan performanya.