Berita

    Featured Image

    Wajib Tahu! 5 Lokasi Parkir Ini Berbahaya bagi Mobil

    Di mana saja lokasi parkir yang harus dihindari? Berdasarkan peraturan kendaraan, dilarang parkir di beberapa area tertentu, di antaranya yaitu di jalan tikungan, jalan khusus untuk sepeda dan pejalan kaki, di dekat lampu lalu lintas, dan penyeberangan pejalan kaki.

    Selain di area-area tersebut, ada tempat-tempat lain yang cukup berbahaya dan tidak disarankan untuk parkir kendaraan. Berikut beberapa tempat yang harus dihindari untuk memarkir kendaraan baik roda empat maupun roda dua.

    Lokasi Parkir yang Harus Dihindari Kendaraan

    Saat mengunjungi suatu tempat, tentu pengendara akan mencari lokasi untuk memarkirkan kendaraannya. 

    Pemilihan lokasi parkir harus dipertimbangkan matang-matang agar terhindar dari musibah. Supaya kendaraan tetap aman, sebaiknya hindari beberapa lokasi parkir berikut ini. 

    • Turunan dan Tanjakan Curam

    Lokasi yang memiliki tingkat kemiringan yang tinggi tidak disarankan untuk memarkir mobil maupun motor. 

    Memarkirkan kendaraan di turunan atau tanjakan yang curam akan membahayakan kendaraan, penumpang, dan keselamatan orang lain.

    Jika rem tangan tidak mampu menahan beban kendaraan maka mobil akan melaju ke bawah dan sulit dihentikan, sehingga dapat berisiko menabrak kendaraan lain dan pejalan kaki. 

    Untuk menghindari musibah tersebut, lebih baik mencari lokasi parkir di area yang aman.

    • Di Bawah Pohon

    Lokasi parkir yang harus dihindari selanjutnya yakni di bawah pohon. Meski batangnya terlihat kokoh, karena hari sial tidak ada yang tahu. Bisa saja, hal buruk tiba-tiba terjadi membuat pohon tersebut tumbang dan menimpa mobil.

    Ranting dan daun yang berjatuhan tertiup angin juga dapat menimbulkan goresan pada permukaan bodi mobil. Lebih baik, mencari tempat parkir yang terjamin keamanannya walaupun berbayar.

    • Tempat yang Memiliki Tingkat Kriminalitas Tinggi

    Sebelum memarkir mobil dan meninggalkannya, pastikan dulu bahwa tempat tersebut aman dari tindak kriminal. Jangan memarkir mobil di tempat yang terkenal dengan kasus-kasus kriminal, seperti pencurian, perampokan, dan begal.

    Jika memang terpaksa harus parkir di tempat tersebut, sebaiknya jangan meninggalkan barang-barang berharga di dalam mobil. Bila memungkinkan, mintalah bantuan warga sekitar untuk memantau mobil Anda.

    • Area Khusus Pejalan Kaki

    Lokasi parkir yang harus dihindari selanjutnya yaitu di area khusus untuk pejalan kaki. Sebenarnya, tempat ini tidak begitu berbahaya, hanya saja kendaraan bermotor dilarang parkir di area tersebut.

    Jika melanggar, tentu Anda akan mendapat sanksi berupa teguran/denda dari pihak terkait. Sebab, area tersebut hanya dikhususkan untuk para pejalan kaki jika ada yang parkir di lokasi tersebut tentu akan mengganggu kenyamanan mereka.

    • Tempat Terbuka

    Mobil tidak disarankan parkir di tempat terbuka dalam jangka waktu yang lama karena tempat tersebut membuat mobil terpapar sinar matahari langsung. 

    Tempat parkir yang ideal untuk mobil minimal memiliki atap peneduh untuk melindungi mobil dari paparan sinar matahari dan kotoran burung.

    Cat bodi mobil dapat mengalami kerusakan jika terlalu sering terpapar sinar matahari langsung. Jika hanya 1-2 jam, masih tidak masalah. Namun, jika dilakukan hingga berhari-hari dan berbulan-bulan, tentu warna cat mobil akan berubah menjadi kusam. 

    Itulah tadi beberapa lokasi parkir yang harus dihindari agar kendaraan tetap aman dari gangguan dan musibah. Jika tersedia, lebih baik memilih tempat parkir berbayar asalkan mobil Anda terjamin keamanannya.