Berita

    Langsung Cek Bagian Mobil Ini setelah Mudik

    Cek bagian mobil setelah mudik lebaran merupakan hal penting untuk memastikan kondisi mobil dalam keadaan optimal. Setelah menempuh perjalanan jauh kinerja mesin mobil biasanya mengalami penurunan.

    Sehingga perlu mendapat perawatan khusus agar kinerjanya kembali prima dan bisa dikendarai dengan aman dan nyaman. Apa saja bagian mobil yang perlu dicek setelah mudik? Ikuti informasinya pada pembahasan berikut! 

    Tips Cek Bagian Mobil setelah Mudik Lebaran

    Sebenarnya semua komponen mobil perlu diperiksa terutama setelah menempuh perjalanan jarak jauh. Namun, ada beberapa bagian penting yang tidak boleh terlewat saat mengecek kondisi mobil. Inilah daftarnya:

    • Suspensi dan Roda

    Selama di perjalanan roda dipaksa menopang beban penumpang dan barang bawaan yang cukup berat melewati berbagai medan jalan. 

    Tentu kondisi tersebut dapat menimbulkan masalah pada bagian roda dan suspensi, sehingga perlu dilakukan pengecekan untuk memastikan adanya kerusakan. 

    • Oli Mesin

    Tidak hanya bagian roda, oli mesin juga wajib dicek untuk memastikan apakah perlu diganti atau tidak. Jika jarak tempuh mobil sudah mencapai 10.000 sebaiknya segera diganti agar performa mesinnya tetap terjaga dengan baik. 

    cek oli mesin

    • Kopling

    Jika mobil Anda menggunakan transmisi manual, sebaiknya lakukan pengecekan pada bagian kopling. Komponen ini rentan mengalami masalah setelah menempuh perjalanan jauh karena posisinya pergesekan langsung dengan mesin mobil. 

    • Rem

    Setelah mudik jangan lupa cek bagian mobil pada sistem pengeremannya, agar Anda bisa memastikan keselamatan. Periksa ketebalan kampas, piringan, dan pelumasnya agar kerusakan bisa terdeteksi secepat mungkin. 

    Jika sistem pengereman mengalami kerusakan Anda perlu menggantinya dengan komponen yang baru. Jika tidak segera diganti dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah dan membahayakan keselamatan pengemudi. 

    • Pendingin Udara 

    Meski tidak berhubungan langsung dengan keselamatan, pendingin udara atau AC juga perlu dicek. 

    Mengapa sebaiknya dilakukan pengecekan? Sebab jika pendingin udara mengalami masalah, tentu pengemudi dan penumpang merasa tidak nyaman selama di perjalanan karena kegerahan.

    Ketika pengguna mobil merasa tidak nyaman, konsentrasi akan terganggu sehingga menambah kemungkinan kecelakaan. 

    • Ban 

    Permukaannya ban biasanya lebih cepat halus jika digunakan untuk perjalanan jauh, agar mobil tidak mudah selip sebaiknya cek dulu kondisinya. 

    Sepulang mudik lebaran ukur ketebalan tapak ban dan pastikan tidak ada kerusakan pada dindingnya. Jangan lupa mengecek bagian pelek dan ban serep agar jika sewaktu-waktu diperlukan bisa langsung dipakai. 

    • Cairan Mobil

    Apa saja cairan mobil yang perlu dicek? Anda perlu memeriksa minyak rem, minyak kopling (untuk mobil manual), oli transmisi (untuk mobil matic), freon AC, air radiator, air aki basah, hingga air wiper jendela mobil. 

    Pastikan tidak ada kebocoran dan kerusakan pada bagian-bagian tersebut jika cairannya menyusut segera tambahkan atau ganti dengan cairan yang baru.

    • Sistem Kelistrikan

    Mengecek sistem kelistrikan juga tidak kalah penting, Anda perlu memeriksa tegangan listrik aki dan kekencangan kabel utama yang tersambung ke bagian terminal negatif dan positif aki.

    Jika memang cukup waktu, lakukan pemeriksaan pada lampu-lampu mobil mulai dari lampu utama, lampu sein, dan lampu rem. 

    Apabila mobil Anda mengalami masalah pada bagian-bagian yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera diperbaiki ke bengkel resmi Suzuki. Para mekanik akan membangun menyetel ulang dan memperbaiki bagian mobil yang rusak dan bermasalah.