Berita

    Arti Bulatan Warna Kuning Pada Ban Mobil

    Bagi pemilik mobil, mungkin sudah sering melihat adanya tanda atau bulatan warna kuning pada ban. Selain itu juga terdapat bulatan warna merah juga. Namun, apakah Anda tahu apa fungsi dari bulatan tersebut?

    Bulatan warna merah pada ban, maupun warna kuning adalah sebuah kode. Bulatan warna yang disebut kode ini letaknya biasanya berada pada bagian sisi ban mobil. Kode ini juga memiliki fungsi. Nah, bagi yang penasaran untuk apa bulatan tersebut, silahkan simak artikel ini hingga selesai.

    Arti Bulatan Warna Kuning Pada Ban

    Pertama-tama, kita bahas bulatan yang warna kuning terlebih dahulu. Kode warna kuning pada ban ini terletak di bagian sisi ban jadi sangat mudah sekali untuk dilihat. 

    Di dalam dunia otomotif, titik teringan yang diberi kode dengan warna kuning ini disebut juga dengan istilah light static balance point. Titik tersebut merupakan area paling ringan yang fungsinya untuk melakukan balance roda atau pemasangan pelek mobil.

    Tanda kuning biasanya juga dipasang sejajar dengan pentil ban. Ketika memasang pelek mobil, maka bulatan berwarna kuning ini harus dipasang sejajar dengan area paling berat pada pelek alloy.

    Selain bulatan berwarna kuning, biasanya juga ada bulatan atau titik berwarna biru. Titik yang ditandai dengan warna biru ini merupakan titik paling berat. Dengan adanya bulatan berwarna kuning ini, maka roda akan seimbang saat berputar.

    Arti Bulatan Warna Merah Pada Ban

    Tanda atau bulatan merah yang ada pada ban merupakan kode untuk menunjukkan peak point. Kode tersebut menandakan bahwa area yang diberi tanda merah adalah area yang paling melengkung atau keluar dari ban. Tanda ini juga disebut sebagai area paling tinggi dibandingkan dinding ban yang lain.

    Di dalam dunia otomotif, kode bulatan warna mewah pada ban juga dikenal dengan istilah radial force variation first harmonic maksimum. Fungsinya sendiri yaitu untuk memudahkan kita saat memasang ban pada velg besi maupun kaleng.

    Bulatan warna merah pada ban ini harus dipasang sejajar dengan area paling rendah dari velg besi. Selain itu juga ditandai dengan bulatan emboss titik. Jika kedua titik tersebut selaras, maka vibrasi pada putaran roda akan semakin rendah.

    Fakta Tentang Bulatan Warna Kuning Pada Ban

    Kode warna kuning pada ban memiliki fungsi yang tergolong penting. Kode ini merupakan tanda yang diberikan pada saat proses quality control pembuatan sebuah ban.