Berita

    Aneka Fungsi dan Jenis Oil Seal

    Kehadiran oil seal di setiap kendaraan memang sangat penting, salah satunya adalah agar terhindar dari pengeroposan pada komponen-komponen tertentu. Untuk mengetahui apa saja jenis dan fungsinya, simak ulasannya berikut ini. 

    Banyak pengguna kendaraan yang belum tahu mengenai komponen yang satu ini. Padahal, dampak yang terjadi cukup fatal apabila terjadi kerusakan.

    Fungsi dari komponen yang memiliki nama lain radial lip seal ini tidak hanya satu, melainkan ada beberapa yang berperan penting bagi komponen pada mesin. 

    Bentuk dan ukurannya juga beragam, menyesuaikan komponen yang akan dilekatinya. Berikut informasinya. 

    Pengertian dan Fungsi Radial Lip Seal

    Berdasarkan pengertiannya, oil seal adalah salah satu komponen pada mesin yang memiliki fungsi sebagai penyekat untuk menjaga pelumas agar tetap berada di dalam mesin serta melindunginya dari kontaminan luar. 

    Bahannya terbuat dari material khusus yang elastis mampu melapisi permukaan komponen yang tidak rata. Itu sebabnya, fungsi utama dari radial lip seal adalah sebagai perapat dari dari dua atau lebih komponen.

    Hal tersebut berguna untuk menjaga agar tidak terjadi kebocoran pada sambungannya sehingga membuat komponen menjadi lebih awet. Intinya, beberapa fungsi oil seal diantaranya adalah sebagai berikut: 

    • Mencegah kebocoran pelumas atau oli. 
    • Mencegah masuknya berbagai material luar seperti kotoran, udara, cairan, dan lain-lain. 
    • Sebagai lapisan untuk permukaan komponen yang tidak rata. 
    • Menjaga agar cairan tidak bercampur. 
    • Menjaga setiap komponen yang dilekatinya supaya tetap awet dan tidak cepat rusak. 

    Jenis Radial Lip Seal

    Berdasarkan jenisnya, oil seal memiliki beberapa varian yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dari komponen yang akan dihubungkan. Berikut ini jenis-jenis radial lip seal yang perlu Anda ketahui. 

    • O-Ring

    Jenis pertama disebut dengan O-Ring seal, umumnya digunakan sebagai seal statis untuk melapisi sambungan antar komponen yang bentuknya seperti pipa atau mesin. Bentuknya seperti cincin yang sangat lunak, terbuat dari bahan alami, plastik, atau karet sintetis.

    • Lip Seal

    Jenis yang kedua adalah lip seal, merupakan seal dinamis yang berguna sebagai perapat pada komponen mesin yang bergerak.