Berita

    Featured Image

    Suka Olahraga? Ini Tips Agar Interior Mobil Anda Tetap Segar

    Olahraga merupakan aktivitas fisik yang bagus untuk kesehatan. Namun, apa jadinya jika aroma tak sedap dari keringat melekat di interior mobil? Ditambah lagi dengan harus membawa peralatan olahraga bekas pakai seperti sepatu, kaos kaki, bola, dan lain sebagainya. 

    Selain mengurangi kenyamanan berkendara, kondisi tersebut juga bisa berdampak pada kesehatan. Lantas, apa yang harus dilakukan agar ruang kabin mobil tetap harum, bersih, dan segar? Berikut informasinya. 

    Tips Menjaga Interior Mobil Tetap Segar dan Harum

    Berkendara dengan nyaman bukan hanya persoalan harus menjaga kondisi mesin mobil tetap prima tapi juga dari segi kebersihan ruang kabin. Berikut cara menjaga ruang kabin agar tetap terlihat bersih dan harum. 

    1. Membersihkan Panel dan Dashboard

    Tips yang pertama adalah membersihkan seluruh bagian dashboard dan panel yang kerap terpapar debu, kotoran, noda, dan bahkan tumpahan cairan lainnya. Anda bisa membersihkan bagian ini menggunakan lap microfiber yang diberi cairan pembersih. 

    1. Cek Ruang Penyimpanan

    Salah satu kebiasaan buruk pengemudi adalah menyimpan barang sampai menumpuk di ruang penyimpanan. Untuk itu, pastikan menjaga kebersihan ruang penyimpanan dan merapikan isinya dengan cara membuang barang yang sudah tidak terpakai.  

    1. Membersihkan Interior dan Jok Mobil 

    Jok dan interior kendaraan merupakan bagian yang kerap menjadi ajang menumpuknya berbagai macam kotoran, sisa makanan, dan bahkan meninggalkan aroma tak sedap. 

    Kedua bagian ini harus rutin dibersihkan agar ruang kabin tetap harum dan bersih. Anda bisa membersihkan bagian ini menggunakan sikat lembut dan cairan pembersih khusus sesuai jenis bahan jok dan karpet. 

    Apabila jok dan interior terbuat dari bahan kulit, Anda bisa menggunakan pembersih khusus untuk bahan kulit dan mengaplikasikan kondisioner kulit secara rutin. 

    Jangan lupa mengelapnya hingga kering untuk menghindari kelembaban yang justru akan menghasilkan aroma tak sedap. 

    1. Gunakan Pewangi Mobil

    Tips berikutnya agar interior mobil tetap harum dan segar adalah dengan memasang pewangi mobil. Pilih aroma yang sesuai dengan preferensi Anda seperti aroma bunga, aroma alami, atau aroma buah-buahan. 

    Pasang pewangi mobil di tempat yang strategis seperti bagian bawah jok atau ventilasi agar aromanya tersebar secara merata.  

    1. Membersihkan Bagian Lantai Mobil dan Karpet

    Bagian ruang kabin yang juga jadi ajang kotoran dan bau tak sedap dan harus dibersihkan secara rutin adalah lantai dan karpet. Untuk itu, angkat dan cuci karpet lalu jemur hingga kering. 

    Sementara bagian lantai bisa dibersihkan dengan menggunakan penyedot debu. Untuk bagian sudut yang sulit dijangkau gunakan kuat atau sikat gigi. 

    1. Menjaga Kebersihan AC

    Sistem AC yang berfungsi normal akan memberikan kenyamanan pada pengemudi dan penumpang. Jadi, pastikan untuk membersihkan dan mengganti filter udara AC secara berkala. Jangan lupa untuk membersihkan juga saluran pembuangannya. 

    1. Hindari Makan di Kabin Mobil

    Makanan yang tertinggal di mobil dan tidak segera dibersihkan akan menghasilkan aroma tak sedap. Selain itu, sisa makanan tersebut juga mengundang serangga dan hewan lainnya seperti tikus. 

    Jadi, sebisa mungkin hindari makan di dalam mobil. Namun jika kondisi terdesak dan harus melakukannya, pastikan untuk segera membersihkan semua sisa makanan dan sampah setelah selesai makan di dalam mobil. 

    1. Membersihkan Kaca 

    Kaca mobil yang terlihat kotor juga bisa menghasilkan aroma tak sedap. Anda bisa membersihkan permukaan kaca menggunakan pembersih kaca dan lap microfiber agar tidak meninggalkan bau tak sedap.  

    Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kebersihkan ruang kabin agar tetap harum dan bersih. Sebenarnya, masih ada cara lain agar kebersihan ruang kabin tetap terjaga seperti menggunakan sarung jok mobil, tidak merokok, dan lain-lain.