Berita

    Kenali Modus Kejahatan di Jalan Raya

    Kini semakin banyak modus kejahatan di jalan raya. Maka dari itu, Anda sebagai pengendara mobil wajib mewaspadainya supaya dapat terhindar dari hal-hal buruk hingga kerugian. 

    Sebagian dari Anda mungkin telah akrab dengan modus kejahatan di jalan, namun tidak menutup kemungkinan masih banyak lagi yang belum mengerti. Maka dari itu, ayo kenali modus kejahatan di jalan raya terpopuler dalam artikel satu ini! 

    Berbagai Modus Kejahatan di Jalan Raya

    Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, ada banyak sekali modus di jalanan. Maka demikian, Anda sebaiknya waspada dan berhati-hati lewat mengenali macam-macam modus tersebut. Jadi, langsung saja ketahui 5 modus kejahatan populer di jalan raya berikut:

    • Pura-Pura Tertabrak

    Ini merupakan modus kejahatan yang kerap dipraktekkan di jalan raya. Biasanya pelaku berakting sebagai korban tabrakan. Untuk menjalankan modus, pelaku sengaja menabrakkan diri ke arah kendaraan, khususnya mobil yang disasarnya. 

    Contoh kronologi umumnya yaitu dengan berpura-pura jatuh atau menyeberang jalan saat menaiki kendaraan beroda 2. Selain itu, ada pula pelaku yang berjalan di pinggiran, akan tetapi tiba-tiba ke tengah sehingga seakan-akan tertabrak mobil.

    Walaupun tampak sendirian, pelaku modus kejahatan ini sebenarnya banyak dan tersebar pada titik-titik lokasi tertentu. Selain itu, uang ganti rugi yang dipatok biasanya cukup tidak masuk akal.

    • Menginformasikan Kerusakan

    Modus kejahatan di jalan raya biasanya juga berupa pemberitahuan kerusakan pada mobil korban. Hal ini ditandai dengan pelaku modus yang berteriak-teriak menginformasikan jika ada bagian mobil yang rusak. 

    Selain itu, bisa juga ketika mobil terjebak dalam kemacetan atau tanjakan, kemudian terdapat orang yang sengaja menciprati rem menggunakan air sabun. Nah, rem panas pasti mengeluarkan asap dan pengemudi panik akan menepikan mobilnya. 

    Ketika turun dari mobil demi mengecek kondisi kerusakan, maka pelaku biasanya pura-pura memberi bantuan dan memeriksanya. Nah, saat lengah bisa saja barang penting di mobil dirampok atau tercuri. 

    • Ranjau Paku

    Modus kejahatan di jalan raya selanjutnya yakni penyebaran ranjau paku. Dalam modus ini, pelaku mengincar korban lengah demi melakukan aksinya. Seperti biasa, modus kejahatan ini dilakukan secara berkelompok.

    Dalam kelompok, setiap anggota memiliki tugas masing-masing. Nah, ada yang berperan menyebar beragam ranjau paku, ada pula yang berperan mengecoh serta berpura-pura menawarkan pertolongan pada korban, hingga ada yang jadi eksekutor. 

    • Memecahkan Kaca Mobil