Berita

    Kenali Cara Menyetel Rem Cakram yang Benar

    Rem cakram adalah komponen dalam mobil yang digunakan untuk menghentikan laju mobil. Komponen ini memiliki beberapa bagian dengan fungsi yang berbeda dan saling melengkapi. Untuk itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai bagian, cara kerja dan cara menyetelnya.

    Bagian Rem Cakram

    Ada tiga bagian utama dari komponen ini. Anda dapat melihatnya pada penjelasan berikut ini.

    • Piringan Cakram (Disk Brake)

    Piringan ini sering disebut dengan disk brake dan terbuat dari bahan baja yang dapat mengantisipasi panas. Berbeda dengan disk brake yang terdapat pada motor, disk brake yang terdapat pada mobil tidak berlubang dan jauh lebih tebal.

    • Kampas Rem

    Bagian ini sering kali harus diganti karena sering mengenai disk brake dan paling berperan besar dalam menghentikan mobil. Disk brake akan diapit oleh dua kampas rem yang nantinya akan menghasilkan gesekan. Gaya gesek tersebut yang nantinya dapat menghentikan perputaran roda.

    • Kaliper Rem

    Bagian ini adalah bagian yang dapat membantu kampas rem untuk mengenai kedua sisi disc brake. Fluida minyak dapat memberikan tekanan pada kaliper rem sehingga bagian ini dapat bekerja dengan maksimal.

    Cara Kerja Cakram Rem

    Rem akan bekerja saat Anda menekan pedal yang terdapat di bawah kaki pengemudi. Hal tersebut akan memunculkan tekanan yang diberikan oleh fluida minyak dan akan disalurkan melalui selang. Tekanan ini yang kemudian akan mendorong kampas rem menuju disk brake dan menghentikan ban mobil berputar.

    Anda dapat menjalankan mobil kembali ketika pedal yang diinjak tadi dilepaskan. Proses tersebut akan menghilangkan tekanan agar kampas rem berhenti menekan disk brake.

    Cara Menyetel Rem Cakram

    Rem cakram dapat dipasang dengan melakukan beberapa cara. Adapun cara yang dimaksud adalah sebagai berikut ini.

    • Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

    Hal yang pertama kali harus dilakukan tentunya menyiapkan berbagai alat dan bahan. Anda harus menyiapkan dongkrak, kunci roda, kunci stang racher, cairan anti karat, obeng, serta 2 buah baut dengan sebesar 12 Mm.

    • Melepaskan Bagian-bagian Rem

    Setelah menyiapkan berbagai peralatan Anda harus melepaskan bagian-bagian rem. Adapun cara yang harus dilakukan adalah sebagai berikut ini.

    1. Gunakan dongkrak untuk mengangkat badan mobil. 
    2. Lalu, bukalah ban yang ada di bagian belakang mobil. Untuk membuka ban belakang mobil, Anda harus mengendorkan mur terlebih dahulu.
    3. Selanjutnya, rem tangan kemudian harus diturunkan ketika ban belakang telah dibuka.
    4. Gunakan anti karat yang telah disiapkan tadi untuk disemprotkan di celah yang terletak di antara mur dan hub roda setelah rem tromol diputar.
    5. Tunggu paling tidak 2-3 menit sampai cairan anti karat tadi meresap dengan baik.
    6. Setelah itu, pasangkan baut 12 mm dengan menggunakan kunci roda pada lubang yang tersedia untuk mengangkat brake drum.
    7. Selanjutnya adalah melepaskan tremol dan baut yang sebelumnya telah dipasang.
    • Melakukan Penyetelan