Berita

    Featured Image

    Ciri Kampas Rem Habis yang Perlu Kamu Ketahui.

    Salah satu komponen utama pada sistem pengereman adalah kampas rem. Jika sudah mulai aus, mobil akan lebih lambat dalam mengerem dan butuh waktu lama untuk berhenti. Jadi, ketahui ciri-ciri ketika kampas rem habis. 

    Inilah Tanda Kampas Rem Habis

    Kampas rem pada mobil merupakan bagian penting dari sistem pengereman. Komponen ini memainkan peran utama dalam memastikan mobil dapat berhenti pada waktu yang tepat.

    Kampas rem terletak di antara kaliper rem dan rotor rem. Ketika komponen-komponen ini mulai bersentuhan dengan permukaan logam cakram rem, gesekan akan terjadi, dan mobil dapat langsung berhenti.

    Namun, gesekan kampas rem yang terus-menerus terhadap cakram rem, akan menyebabkannya mudah aus hingga akhirnya terjadi masalah pada sistem pengereman. Mobil butuh waktu lama untuk berhenti. 

    Jadi, sebelum kampas rem mobil mulai aus, kenali dulu ciri kampas rem habis ini: 

            1. Terdengar Suara Gerinda Atau Derit

    Jika Anda mendengar suara gerinda atau derit saat menekan pedal rem, bisa jadi itu disebabkan karena kampas rem sudah mulai aus. Sebab, ketika kampas ini sudah benar-benar rusak, suara pelat logam yang menekan atau berbenturan dengan rotor akan lebih terdengar nyaring, seakan ada dua logam yang bertabrakan. 

            2. Muncul Indikator Keausan 

    Sebagian besar mobil modern saat ini sudah dilengkapi dengan fitur indikator keausan rem ketika bahan kampas rem hanya tertinggal 2-3 mm atau 0,04 inch hingga 0,1 inch. Jika Anda melihat indikator keausan di dashboard sudah menunjukkan angka tersebut, sudah saatnya untuk memeriksa kampas atau bahkan menggantinya. 

    Meskipun pada nyatanya, ada kasus kabel dan konektor indikator keausan memberikan alarm palsu di dashboard, tetapi kondisi kampas rem tetap perlu diperiksa, untuk memastikan kondisinya dalam keadaan baik. 

    Ada sebagian mobil yang hanya mempunyai indikator keausan untuk rem depan saja. Tetapi, ada pula yang memiliki untuk rem depan dan belakang. Jadi, cek dulu indikator keausan mobil Anda hanya untuk depan saja atau keduanya. 

            3. Pedal Rem Terasa Licin Atau Keras

    Ketika Anda menginjak pedal kemudian terasa licin seperti spons atau keras, bisa jadi kampas rem habis. Meskipun rem masih dapat berfungsi, akan tetapi Anda perlu menekan pedal lebih dalam sampai mobil benar-benar berhenti.