Berita

    Kenali Perbedaan Parkir Seri & Parkir Paralel

    Bagi Anda yang baru bisa mengendarai mobil atau bahkan Anda yang sudah lama menguasainya, parkir kadang menjadi salah satu kegiatan yang cukup menantang, apalagi parkir seri. 

    Pada dasarnya kegiatan parkir akan mengasah kemampuan Anda dalam memperhitungkan jarak antara mobil Anda dengan mobil orang lain, lalu jarak batas dan penguasaan titik buta. 

    Dalam parkir terkenal dua macam jenis, yaitu parkir seri dan parkir paralel.

    Perbedaan Parkir Seri dan Parkir Paralel

    Parkir secara seri biasanya sering Anda temui saat Anda pergi ke mall atau tempat-tempat umum lainnya. Lahan parkir  seri banyak disediakan, di mana mobil akan bersebelahan (dari sisi samping body) satu sama lain. 

    Jenis parkir ini dianggap lebih mudah karena bisa disesuaikan dengan gerakan roda yang maju mundur ke depan bukan menyamping. 

    Jenis parkir yang kedua adalah parkir paralel. Jenis parkir ini artinya mobil berbaris sejajar ke belakang dalam satu garis lurus. 

    Bagi para pemula bahkan bagi para pengemudi profesional, melakukan parkir secara seri dirasa lebih rumit. Karena pergerakan roda mobil yang tidak bisa miring, namun bukan berarti Anda tidak bisa melakukan parkir secara seri.

    Nah, agar lebih jelas, berikut ini beberapa tips untuk dapat membuat parkir yang sempurna baik untuk paralel dan parkir dengan cara seri.

    Tips Parkir Mobil Secara Paralel

    • Pilih Tempat Parkir yang Cukup Luas

    Perhatikan baik-baik untuk memastikan bahwa jarak antara dua mobil yang diparkir sebelumnya cukup lebar untuk Anda "merapat" ke garis parkir.

    Ini adalah langkah pertama dan juga yang paling penting sebelum memutuskan parkir secara seri.

    • Mundur Hingga Roda Depan Kendaraan Anda Sejajar dengan Roda Belakang Kendaraan yang Diparkir di Depan

    Setelah memastikan jarak aman, mundur sampai Anda melihat bahwa roda depan kendaraan sejajar dengan roda belakang kendaraan yang diparkir di depan.

    • Jaga Agar Kemudi Tetap Lurus Dan Terus Mundur

    Kemudi lurus dan terus mundur sampai roda luar menyentuh garis parkir yang lurus tadi.

    Dalam posisi ini, jika Anda tidak tetap lurus, Anda akan berbelok terlalu jauh dan kembali ke trotoar. Jadi jaga agar roda kemudi tetap lurus, dan terus mundur sampai ban belakang terluar "menyentuh" ​​garis.

    • Sesuaikan Kendaraan Agar Diparkir di Tengah