Berita

    Jangan Sembarangan Putar Balik Mobil, Gunakan Teknik Ini agar Aman

    Apakah Anda pernah mengalami kejadian di mana ada pengendara lain yang melakukan manuver putar balik ke arah kanan? Jika iya sebaiknya jangan pernah Anda menirunya, karena hal ini sangatlah salah.

    Walaupun pengendara tersebut sudah menyalakan lampu sein kanan, tetap saja hal itu tidak dibenarkan. Risiko dari kejadian ini adalah jalanan menjadi macet dan risiko paling buruknya adalah terjadi kecelakaan.

    Cara putar balik mobil tidaklah susah, akan tetapi dibutuhkan teknik yang aman agar terhindar dari kecelakaan. 

    Teknik Putar Balik Mobil

    Umumnya teknik untuk putar balik kendaraan mobil memiliki 2 jenis, yaitu teknik three point turn dan teknik u turn. Untuk keterangan yang lebih mendalam, simaklah penjelasan di bawah ini:

    • Three Point Turn

    Three point turn merupakan salah satu teknik yang menggunakan arah maju mundur. Caranya adalah dengan melakukan tiga titik penghentian. 

    Mengapa hal demikian harus dilakukan? Karena Anda tidak akan bisa melakukan putar balik secara langsung dalam sekali percobaan. Teknik ini memiliki nama lain berupa K – Turn, broken U – Turn, atau Y – turn. 

    Caranya adalah dengan menempatkan kendaraan pada area paling luar jalan agar bisa mendapatkan ruangan yang lebih luas ketika melakukan manuver. Jangan lupa senantiasa melihat keadaan sekitar dan spion. 

    Hal ini dilakukan agar tidak menabrak kendaraan lain yang ada di sekitar. Jika sudah maka atur transmisi ke gigi pertama dan putar kemudi dengan arah berkebalikan dari posisi mobil awal. 

    Contohnya jika arah mobil Anda ke kanan maka putar ke kiri. Begitu pun sebaliknya jika mobil Anda ada di arah kiri maka putar ke kanan. 

    Lalu hal yang selanjutnya harus Anda lakukan adalah atur transmisi ke gigi pertama kemudian dan putar kemudi mobil ke arah berkebalikan. 

    Kemudian atur lagi ke gigi mundur dengan menginjak pedal gas. Pada saat yang bersamaan jangan lupa putar kemudi ke arah kanan. 

    Langkah terakhir adalah dengan mengatur kembali ke transmisi gigi pertama dan injak pedal gas. Pada saat yang bersamaan belokkan kemudi ke kanan.

    • U – Turn

    Teknik ini merupakan teknik yang lebih mudah jika dibandingkan dengan teknik three points. Karena apa? Karena Anda bisa langsung putar balik. 

    Caranya adalah Anda harus benar – benar memastikan terlebih dahulu bahwa jalan yang akan Anda gunakan merupakan jalan yang boleh digunakan untuk melakukan putar balik. 

    Lalu nyalakan lampu sein sebagai pertanda bahwa Anda akan melakukan putar balik. Hal ini sangat penting untuk memberitahu pengendara yang berada di depan maupun belakang kendaraan Anda.

    Jangan lupa nyalakan lampu sein sesuai dengan ke arah mana kendaraan Anda akan berbelok. Lalu perhatikan juga ruang sekitar apakah cukup atau tidak jika melakukan putar balik. 

    Kesimpulan

    Demikian teknik putar balik mobil sudah disajikan secara gamblang. Jangan lupa senantiasa menaati peraturan lalu lintas dan menanamkan rasa sabar ketika berkendara mobil.

    Bersabarlah ketika berkendara akan tercipta suasana yang aman, menyenangkan dan nyaman bagi pengendara lain. 

    Bagi Anda yang ingin melakukan putar balik mobil sebaiknya memperhatikan lingkungan sekitar dan memastikan kembali apakah jalan tersebut diperbolehkan untuk melakukan putar balik atau tidak. 

    Tentunya memutar balik bisa lebih nyaman ketika mobil dilengkapi dengan fitur kamera E-Mirror seperti yang tersemat di dalam produk XL7. Teknologi pada kendaraan ini sangat membantu anda untuk memutar balik sehingga bisa meminimalisir kecelakaan. Untuk informasi lebih lanjut , anda bisa mengunjungi website nya di https://suzuki.elangperkasamotor.co.id/ lalu pilih halaman produk XL7 untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.