Berita

    Ini Dia Alasan Harus Mematikan Lampu Kabin Mobil Di Malam Hari!

    Ketika berkendara di malam hari, kita memang memerlukan pencahayaan yang jauh lebih terang bila dibandingkan dengan siang hari. Bahkan, keadaan di bagian luar kabin yang begitu gelap mengharuskan kita mempunyai penerangan cukup. 

    Saat berkendara di malam hari, mungkin salah satu pilihan yang Anda ambil adalah menyalakan lampu kabin mobil. Padahal, lampu yang berada di dalam kabin mobil harus selalu dimatikan. Sebenarnya mengapa lampu ini harus selalu dimatikan? 

    Alasan Mematikan Lampu Kabin Mobil

    Berikut sejumlah alasan mengapa lampu di kabin mobil harus dimatikan, antara lain:

            1. Penglihatan Pengendara Menjadi Terganggu

    Salah satu alasan mengapa lampu di bagian kabin mobil harus dimatikan adalah dapat membuat mata pengendara lain menjadi terganggu. Mengapa hal ini dapat terjadi? Hal ini disebabkan karena Intensitas cahaya yang masuk di pupil mata tidak sesuai seperti yang diperlukan. 

    Bila lampu di bagian kabin menyala, pupil mata akan mengecil dan membuat jumlah cahaya yang masuk di mata menjadi jauh lebih sedikit. Di waktu yang bersamaan, kondisi di luar kabin berubah gelap. Keadaan ini bisa mengganggu kemampuan penglihatan.

    Oleh sebab itu, matikan lampu kabin saat berkendara di malam hari sehingga intensitas cahaya yang masuk di mata pengendara sesuai kebutuhan. 

            2. Aki Menjadi Boros

    Jangan salah, ketika lampu kabin mobil dinyalakan, aki mobil bisa menjadi boros, hal ini disebabkan karena daya listrik serta aki bisa terkuras oleh lampu yang terus menerus menyala. 

    Lebih-lebih bila Anda menyalakan lampu ini secara terus menerus ketika melakukan perjalanan jauh. tentu saja performa mobil akan mengalami penurunan karena tidak memperoleh daya listrik yang cukup dari aki serta bisa berujung pada mogoknya kendaraan. 

            3. Mengundang Hal yang Tidak Diinginkan

    Sebenarnya, mematikan lampu kabin mobil dimalam hari juga membuat  kita jauh dari hal yang tidak diinginkan. Hal ini memang tidak berkaitan dengan performa kendaraan, tetapi menjadi hal penting diketahui. 

    Menjaga privasi kabin  adalah hal wajib yang harus dilakukan pengendara karena berkaitan erat dengan keamanan di jalan. Bila lampu kabin terus menyala di sepanjang perjalanan, penjahat mungkin bisa melihat ke dalam mobil dan mengetahui isi yang berada di dalam mobil. 

    Akhirnya, mereka bisa sangat mudah untuk melakukan aksinya karena sudah terlihat seperti apa kondisi yang ada di dalam kabin mobil. Oleh sebab itu, pastikan mematikan lampu kabin sebelum berkendara agar bisa menghindari hal yang tak diinginkan.