Berita

    Berikut Tips Berkendara yang Aman Pada saat Menerjang Genangan Air.

    Membawa mobil menerjang genangan air tidak bisa dilakukan asal-asalan. Jika Anda sembarangan melaju saat ada genangan air, maka mobil bisa saja mengalami masalah pada performanya.

    Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui seperti apa cara berkendara yang aman di atas genangan air. Pastikan untuk tidak asal melaju agar mobil tetap aman dan tidak ada kerusakan pada semua spare part.

    Tips Menerjang Genangan Air

    Saat musim hujan, Anda pasti sulit menghindari genangan air. Tidak masalah sebenarnya selama Anda paham seperti apa cara aman berkendara melewati genangan air tersebut. 

    Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

    • Cari Tahu Komponen yang Rentan Rusak

    Jika mobil Anda memang harus melewati genangan air, maka Anda harus paham apa saja komponen mobil yang rentan rusak. Cari tahu bagian atau spare part mana saja yang bisa mengalami kerusakan jika terkena air. 

    Hal ini akan membantu Anda untuk menyesuaikan diri saat harus berkendara melalui genangan air. Selain itu, hal ini juga bisa mempermudah Anda melakukan pengecekan pada mobil untuk memastikan tidak ada yang rusak. 

    • Jaga Kecepatan saat Melaju

    Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan saat melaju di atas genangan air adalah kecepatan. Pastikan untuk menjaga kecepatan dan momentum kendaraan Anda saat menerjang genangan tersebut. 

    Usahakan untuk tidak melaju terlalu cepat. Saat Anda melaju terlalu cepat maka potensi air masuk ke bagian ruang mesin akan semakin besar. Lebih baik melaju dengan kecepatan 10 sampai 15 km/jam dan pastikan kecepatan selalu konstan. 

    • Jangan Langsung Injak Gas

    Setelah berhasil melewati genangan air, jangan langsung injak gas. Sebaiknya perhatikan dulu kondisi mobil dan pastikan rem tetap bekerja dengan baik. Injak pedal gas perlahan saja dan tidak perlu membawa mobil melaju terlalu cepat.

    Sangat disarankan untuk melakukan pengetesan rem terlebih dahulu. Injak gas perlahan lalu injak pedal rem berulang kali agar rem cepat kering. Apabila tidak terjadi masalah maka Anda bisa melanjutkan perjalanan.  

    Lalu bagaimana jika terjadi masalah pada mobil Anda terutama bagian rem? Cobalah untuk mencari tempat yang aman dari genangan air agar bisa langsung melakukan pemeriksaan dan jangan lanjut melaju. 

    • Jaga Jarak dengan Kendaraan Lain